Beranda Warta Berita Program Kotaku Provinsi Sulawesi Menggelar Pelatihan SIM

Program Kotaku Provinsi Sulawesi Menggelar Pelatihan SIM

Berita Sulawesi Sulawesi Selatan Kota Makassar Pelatihan SIM Comments (0) View (857)

Sistem akurasi data yang terintegrasi menjadi perhatian penting Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Demi mewujudkan pelaksanaan penanganan kumuh secara lebih efektif dan efisien, Program Kotaku menghadirkan Sistem Informasi Manajemen (SIM). Penggunaan SIM ini untuk memfasilitasi pelayanan, perekaman data kegiatan dan mencetak laporan program (KPI, Profil, kemajuan penanganan dan pencegahan kumuh) secara online sebagai bahan perencanaan, monitoring, dan evaluasi, serta alat dialog antarwilayah dalam penanganan dan pencegahan kumuh. Satu dari sejumlah wilayah yang melaksanakan pelatihan penggunaan SIM ini adalah Oversight Service Provider (OSP) Oversight Consultant (OC) 8 Wilayah Sulawesi, beberapa waktu lampau.

Pelatihan yang dilaksanakan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan itu dihadiri peserta dari berbagai bidang spesialisasi seperti tenaga ahli SIM, tenaga ahli infrastruktur, asisten manajemen data, hingga asisten kota infrastruktur. OSP 8 Sulsel yang diwakili delapan peserta, Sulawesi Utara dan Sulawesi Tenggara yang menghadirkan enam peserta, serta masing-masing empat peserta yang hadir dari Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo mengikuti seluruh kegiatan selama empat hari untuk total 62 jam pelatihan.

Dalam prosesi pembukaan pelatihan, Kepala Satuan Kerja Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Sulawesi Selatan Mustaba mengharapkan seluruh peserta pelatihan mampu mengikuti pelatihan secara maksimal. Tujuannya jelas, supaya kemampuan peserta  meningkat, khususnya dalam menganalisa serta menyajikan data dan informasi secara tepat, akurat, dan dapat dipertanggungjawabkan. Data tersebut dibutuhkan pemerintah untuk dijadikan acuan pengambilan kebijakan perwujudan target 100-0-100 pada 2019.

Senada dengan Mustaba, Team Leader Program Kotaku OSP 8 Provinsi Sulsel Muhammad Bakhrun Gassing mengingatkan seluruh peserta pelaku Program Kotaku akan tanggung jawab moral pencapaian target 0 hektare pada 2019. Diharapkan pula, momentum pelatihan yang dipandu Advisory Konsultan Manajemen Pusat (KMP) Maksudi dan Sub Tenaga Ahli SIM KMP Erfina Haedar ini menjadi ajang berbagi pengalaman dan pengetahuan dari peserta masing-masing provinsi. [Sulsel]

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.