Berita

Beranda Warta Berita Aceh Gelar Pelatihan Tukang Bersertifikasi

Aceh Gelar Pelatihan Tukang Bersertifikasi

Berita Aceh Sertifikasi Tenaker Konstruksi Satker Provinsi Comments (1) View (875)

Satuan Kerja Pengembangan Kawasan Permukiman (Satker PKP) Aceh melalui Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) berkolaborasi dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah 1 Kota Banda Aceh. Sebanyak 307 peserta dari 90 gampong yang berada di 11 kabupaten dan kota bakal menerima pelatihan sertifikasi tenaga kerja konstruksi mulai 31 Mei 2018 hingga 9 Juni mendatang. Pelatihan yang dibuka Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Aceh Teuku Mirzuan tersebut dibagi dalam empat cluster, yang masing-masing berlangsung selama dua hari. Setiap cluster akan dipilah lagi ke dalam tiga jenis kontruksi, yaitu: batu, besi, dan konstruksi kayu. Pelatihan yang terbagi dalam bentuk paparan materi, praktik, dan asesmen ini dilakukan supaya para peserta bisa bersertifikasi sesuai Undang-undang No. 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi.

Menurut Kepala Satuan Kerja Pengembangan Kawasan Permukiman (Satker PKP) Aceh T. Davis F. Hamid, pelatihan wilayah Aceh ini juga sesuai Surat Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No: UM.01.11.Cs/266 tertanggal 30 April 2018. Aceh memiliki 12 kabupaten atau kota dampingan Program Kotaku. Sebanyak 11 di antaranya masuk dalam wilayah peningkatan, yaitu: Kota Sabang, Banda Aceh, Subulussalam, Langsa, Kota Lhoksemawe, Kabupaten Pidie, Kab. Aceh Tengah, Kab. Aceh Tenggara, Kab. Aceh Barat, Kab. Aceh Tamiang, dan Kabupaten Aceh Selatan. Sedangkan Kabupaten Aceh Besar masuk dalam wilayah pencegahan.

Davis yang mendampingi sekaligus mengikuti audiensi ke Balai Jasa Konstruksi Wilayah 1 Kota Banda Aceh bersama Tim Oversight Consultant (OC) 1 – Aceh menambahkan, Program Kotaku dan Kantor Balai Jasa Konstruksi sudah menyepakati rencana perwujudan kolaborasi. Di antaranya, Balai Jasa Konstruksi bersedia menanggung biaya akomodasi peserta, biaya instistusi asesor penguji kompetensi, serta material kerja. Sementara biaya narasumber dan biaya operasional pelatihan ditanggung Dinas Perumahan Permukiman Aceh.

Seperti tahun sebelumnya, sebanyak 426 gampong dampingan Program Kotaku di Provinsi Aceh—wilayah peningkatan dan pencegahan—bakal menerima alokasi dana Peningkatan Kapasitas Masyarakat (PKM) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Besarannya adalah Rp 10 juta per gampong untuk wilayah peningkatan dan Rp 8.800.000 per gampong untuk wilayah pencegahan yang nantinya terbagi dalam beberapa jenis pelatihan. Misalnya, di wilayah peningkatan terdapat pelatihan keterampilan, yang dana PKM-nya digunakan sebagai uang transportasi serta uang saku peserta.

Mirzuan menambahkan, Aceh memiliki target pengurangan kumuh seluas 588,48 hektare pada 2018, dan menjadi 0 % di tahun depan. Penyelesaian kumuh ini pun tak hanya kualitas bangunan yang lebih baik karena dibangun tenaga bersertifikasi, namun juga menjadi peluang bagi tenaga yang bersangkutan untuk peningkatan pendapatan.

Sejalan dengan itu, pengendalian di tingkat gampong mesti terkawal dengan baik oleh para pendamping di lapangan, sesuai bidang dan kapasitas masing-masing. Davis menegaskan, prosesnya dimulai dari pendataan calon peserta yang akan masuk dalam uji kompetensi melalui badan keswadayaan masyarakat (BKM) yang ada di gampong, yang masuk dalam wilayah peningkatan. Selanjutnya, bersama para pendamping lapangan mempersiapkan pelaksanaan pelatihan, termasuk lobi, dan negoisasi ke pihak terkait hingga konsolidasi persiapan pelaksanaan kegiatan. Hal yang sama pun berlaku di kabupaten dan kota, yang notabene memiliki pendamping yang lebih berpengalaman. Targetnya jelas, menjadikan Aceh 0 % kumuh di 2019. [Aceh]

Dokumentasi lainnya:

 

Penulis: T. Davis F. Hamid, Kasatker PKP & Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Provinsi Aceh

Editor: Maya Keumala/Epn

1 Komentar


  1. Posted by sudarsono | Aug 2, 2018

    Keren Pak Satker....

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.