Beranda Warta Cerita Target KKN Mahasiswa Unesa: Perubahan Perilaku Masyarakat

Target KKN Mahasiswa Unesa: Perubahan Perilaku Masyarakat

Cerita Jawa Timur Surabaya Akademisi KKN Mahasiswa Comments (0) View (781)

Keberhasilan pengurangan sampah plastik dan limbah sebagai bagian dari pengendalian perubahan iklim diyakini sangat bergantung pada perubahan perilaku masyarakat. Keterlibatan semua pihak dalam mendorong perubahan perilaku di masyarakat adalah pilihan yang tak bisa ditawar.

“Contoh gerakan sosial seperti memungut sampah atau membawa kantong belanja sendiri harus terus dikembangkan dengan dukungan kebijakan nasional,” kata Dr Fajar Subianto, dosen pembimbing Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) pada sesi khusus Hasil KKN Unesa di Gresik bertema “Penyadaran dan Perubahan Perilaku Masyarakat Menuju Kotaku” di Rapat Koordinasi Koordinator Kota/Asisten Kota Mandiri Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Surabaya, Jawa Timur, pertengahan April silam.

Menurut Fajar, strategi pengurangan sampah tidak bisa berhenti pada peningkatan kesadaran, tetapi juga harus sampai pada perubahan perilaku masyarakat. Seringkali ditemukan masyarakat yang abai, meski tahu bahwa sampah harus dikelola. “Dan ini tidak terkait dengan latar belakang tingkat pendidikan,” ujar dia.

Pemerintah memang tak berpangku tangan menuntaskan permasalahan sampah. Namun sayang, hal itu tak berjalan seiring dengan kebiasaan masyarakat yang masih suka membuang sampah sembarangan. Selain itu, persoalan sampah pun tak tuntas hanya dengan menyediakan tempat sampah khusus atau mengolahnya sekadar menjadi pupuk kompos atau pupuk organik.

Fajar meyakini harus ada sebuah gerakan sosial yang melibatkan semua pihak untuk mengubah perilaku dan pemahaman masyarakat terhadap sampah. Sebut saja gerakan memungut sampah atau membawa kantong belanja sendiri yang terus dikembangkan dengan dukungan kebijakan nasional. “Gerakan itu harus melibatkan akademisi, pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat,” kata Fajar.

Satu strategi yang dilakukan akademisi demi mendukung Program Kotaku adalah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Unesa di wilayah Kabupaten Gresik selama empat gelombang atau berkelanjutan. KKN yang pada 2018 ini memasuki tahun kedua pelaksanaan berlokasi di desa yang sama selama tiga tahun. Targetnya adalah mampu melihat dan menganalisis perubahan sikap yang terjadi selama kurun waktu tersebut.

Kehadiran para mahasiswa juga diharapkan mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui pengembangan wawasan pemberdayaan. Intensitas sosialisasi untuk perubahan perilaku pun dilakukan secara berkelanjutan. [Jatim]

 

Dokumentasi lainnya:

Penulis: Bambang Kristiawan, TA Sosialisasi, OSP Kotaku Provinsi Jawa Timur

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.