Beranda Warta Cerita Pelatihan Fasilitator Kotaku Sulut: Gelora Semangat itu Masih Ada

Pelatihan Fasilitator Kotaku Sulut: Gelora Semangat itu Masih Ada

Cerita Sulawesi Utara Pelatihan Khusus Fasilitator Comments (0) View (2087)

Di tengah isu nasional merebak bahwa gelora semangat fasilitator Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) mulai menurun, seolah terbantahkan dalam kegiatan Peningkatan Kapasitas Khusus Fasilitator Kotaku OSP 8 Sulawesi Utara, yang berlangsung di Hotel Sahid, Teling, Kota Manado, pada 6 - 12 Juni 2018. Meski pelatihan dilaksanakan dalam suasana bulan suci Ramadhan dan menjelang libur panjang lebaran, semua pihak yang terlibat dalam kegiatan pelatihan tanpa terkecuali tampak begitu bersemangat mengikutinya.

Pelatihan yang dibuka oleh pihak Satker PKP Provinsi Sulawesi Utara itu diikuti oleh 120 fasilitator yang berasal dari 7 kabupaten/kota dampingan Kotaku. Pelatihan terbagi menjadi empat kelas dan masing-masing kelas didampingi oleh dua orang pemandu, serta melibatkan para Asisten Kota (Askot) bidang teknis, seperti Askot Urban Planner, Askot Infrastruktur, Askot Manajemen Keuangan (MK) dan Askot Safeguard.

Menurut laporan pemandu, setiap harinya antusiasme peserta hampir merata di tiap kelas. Proses diskusi yang berlangsung, baik diskusi kelas maupun diskusi kelompok, cukup dinamis. Keaktifan peserta untuk mau berbagi cerita pengalaman pendampingan di lapangan terkait materi yang sedang dibahas itu membuktikan bahwa semangat dalam menjalankan amanah program masih berkobar.

Semangat itu juga tampak ketika kegiatan praktik lapangan dilaksanakan. Peserta bersungguh-sungguh menerapkan apa yang telah dipelajari di kelas. Bahkan sehari sebelumnya, peserta di tiap kelas berinisiatif mengadakan seragam kelas, yang juga dikenakan pada acara penutupan. Hal ini seakan menunjukkan kekompakan, rasa kebersamaan dan semangat teamwork itu masih ada.

Antusiasme fasilitator juga tampak dalam acara penutupan. Suasana terasa sangat meriah, karena setiap peserta, dengan seragam kelasnya, menampilkan atraksi hasil kreativitas mereka. Mulai dari kontes pemilihan peserta “mirip Koku—maskot Kotaku”, hingga penampilan lagu serta gerakan-gerakan yang menghibur, menampakkan semangat juang fasilitator ternyata tetap membara.

Gelora semangat fasilitator itu dapat dirasakan oleh Kepala Satker PKP Provinsi Alfrits Makalew. Dalam penutupan acara, ia mengaku salut kepada fasilitator pendamping yang masih semangat dan memiliki motivasi tinggi. “Dalam bekerja, kedua hal ini harus tetap dijaga, serta dilandasi dengan hati yang tulus dan ikhlas. Sehingga, seberat apapun tugas yang dijalani pasti akan terasa ringan,” tegasnya.

Bravo, Tim Kotaku Sulawesi Utara. [Sulut]

Dokumentasi lainnya:

 

Penulis: Theresia D. Wulansari, Tenaga Ahli Sosialisasi OSP 8 Kotaku Sulawesi Utara

Editor: Nina Razad

 

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.