Beranda Warta Cerita OSP 09 Malut Deklarasi Ternate Bebas Sampah

OSP 09 Malut Deklarasi Ternate Bebas Sampah

Cerita Maluku Utara Ternate Pengelolaan Sampah Sosialisasi Comments (0) View (589)

Persoalan sampah di permukiman kumuh adalah masalah pelik yang sulit diatasi. Pasalnya jelas, permasalahan sampah berhubungan erat dengan perilaku masyarakat. Lantaran itulah Oversight Services Provider (OSP) 09 Maluku Utara Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) bekerja sama dengan Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Ternate menggelar kegiatan Sosialisasi Massal dan Zumba bersama. Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan deklarasi bertema “Ternate Bebas Sampah”, bertempat di Taman Nukila, Kota Ternate, Ahad (8/7).

Kegiatan dalam bentuk sosialisasi massal ini melibatkan beberapa instansi, yakni Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Kelompok Kerja Pengembangan Kawasan Permukiman (PKP), Komunitas Sadar Sampah Kota Ternate (Kosakate), serta tim Koordinator Kota Ternate dan Tidore Kepulauan. Gelar sosialisasi yang dimulai dengan senam Zumba bersama ini ditutup dengan pemberian penghargaan bagi Lurah Mangga Dua, Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Kelurahan Soasio, dan Unit Pengelola Keuangan (UPK) terbaik Kota Ternate: UPK Kelurahan Kalumpang.

Dalam sambutannya mewakili Wali Kota Ternate, Asisten II Bidang Pemerintahan Bahtiar Teng menyampaikan bahwa permasalahan sampah menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi Pemerintah Kota Ternate. Karena itu, Pemerintah Kota Ternate membutuhkan dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak. Begitu pun pengelolaan sampah di Ternate, butuh gotong-royong masyarakat. “Penanganan sampah harus dilakukan oleh semua pihak,” kata Bahtiar.

Asiwati Sanaky selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) PKP Provinsi Maluku Utara menyampaikan bahwa Satker PKP akan terus ikut bekerja sama dalam menangani berbagai permasalahan kota, terutama yang terkait dengan permukiman kumuh. “Satker PKP akan terus mendorong kegiatan dalam bentuk pembangunan sarana prasarana di permukiman kumuh agar sampah juga ikut tertangani,” kata dia.

Senada dengan Asiwati, Team Leader OSP 09 Provinsi Maluku Utara Syamsudin Genda menyampaikan bahwa Program Kotaku memiliki peran penting dalam membangun kesadaran warga untuk mengelola sampah dengan bijak. “Saya mengajak semua pelaku Program Kotaku terus mendorong warga untuk mulai sadar mengelola sampah, di mulai dari rumah masing-masing,” tutur Syamsudin.

Di tempat yang sama, Ketua Komisi I DPRD Kota Ternate Junaidi Bahrudin yang turut hadir dalam acara ini menyampaikan bahwa DPRD pun bakal ikut mendorong pengelolaan sampah di Ternate menjadi lebih komprehensif. DPRD akan membantu dari sisi regulasi dan penganggaran daerah, terutama yang terkait dengan pengelolaan sampah. “Pembangunan infrastruktur dapat dengan mudah dibangun di lokasi kumuh. Akan tetapi, jika warga tak sadar mengelola sampah maka wajah permukiman kita akan tetap terlihat kumuh,” ujar Junaidi. [Malut]

Penulis: Zulkifly A. Idris,Tenaga Ahli Pelatihan OSP 09 Kotaku Provinsi Maluku Utara

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.