Beranda Warta Berita Jateng Menggelar Sertifikasi Tenaga Kerja IBM Kotaku

Jateng Menggelar Sertifikasi Tenaga Kerja IBM Kotaku

Jawa Tengah KMP-2 Sertifikasi Tenaker Asesmen Tenaker Pelatihan Keterampilan Comments (0) View (358)

Kualitas infrastruktur yang terbangun melalui Program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) harus terjamin baik dan berfungsi. Target itulah yang memicu inisiasi Direktorat Kerja Sama dan Pemberdayaan Direktorat Jenderal Bina Konstruksi dengan Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyelenggarakan Sertifikasi Tenaga Kerja Program Infrastruktur Berbasis Masyarakat Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Gelanggang Olah Raga Jatayu, 25-26 Juli, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Para peserta kegiatan ini adalah pekerja konstruksi yang bekerja pada proyek IBM Program Kotaku Provinsi Jateng sebanyak 1.284 orang dari wilayah Kota Pekalongan dan kabupaten lainnya. Para peserta terklasifikasi atas tukang batu sebanyak 450 peserta, tukang kayu sejumlah 45 orang, dua spesialis tukang besi, dan empat orang tukang las.

Pelaksanaan sertifikasi tenaga kerja Provinsi Jateng yang dibuka Direktur Bina Investasi Infrastruktur Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR Masriyanto dihadiri sejumlah pejabat wilayah. Di antaranya wakil Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jateng, wakil dari Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya, wakil Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Provinsi Jateng, wakil Sekretariat Daerah Kota Pekalongan, wakil Satuan Kerja Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) Provinsi Jateng, wakil Satker Pengembangan Kawasan Permukiman Berbasis Masyarakat (PKPBM), anggota DPRD Kota Pekalongan, dan Tim Koordinator Kota National Slum Upgrading Program (NSUP) dan Neighborhood Upgrading and Shelter Project 2 (NUSP-2) Kota dan Kabupaten Pekalongan.

Menurut Masriyanto, kegiatan sertifikasi tenaga kerja di bidang jasa kontruksi di Pekalongan adalah pilot project, yang pembinaan tenaga terampilnya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah kota atau kabupaten. Kota Pekalongan terpilih sebagai wilayah pilot project karena memiliki populasi tenaga kerja terampil terbesar. Targetnya, Masriyanto menambahkan, adalah 10 ribu tenaga terampil dari Program IBM Kotaku.

Sertifikasi tenaga terampil bertujuan agar para pekerja mendapatkan pengakuan kompetensi sesuai klasifikasi bidang keahliannya. Keuntungan yang didapat adalah pengakuan, bisa menjadi prasyarat bekerja—karena Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi, Pasal 70 ayat 1 menyatakan setiap tenaga kerja konstruksi yang bekerja di bidang jasa konstruksi wajib memiliki Sertifikat Kompetensi Kerja, pemilik sertifikasi mendapatkan upah yang telah standar, dan berpeluang menjadi tenaga ahli.

Dalam kegiatan ini dihadirkan pula dua unit Mobil Training Unit (MTU) bantuan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Provinsi Jateng. Mobil tersebut digunakan untuk meningkatkan kapasitas peserta terhadap beberapa bidang keahlian seperti tukang kayu dan tukang besi. Sementara fasilitas yang diberikan kepada peserta adalah alat pelindung diri (APD) berupa helm, sepatu, sarung tangan, dan masker yang wajib dipakai pada saat bekerja. Penggunaan APD itu menjadi bagian dari Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). [KMP-2]

Dokumentasi lainnya:

 

Penulis: Imanudin, Tim Training KMP NSUP Kotaku Wil-2

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.