Beranda Warta Berita Kotaku NTB Tanggap Darurat Pasca Gempa Lombok

Kotaku NTB Tanggap Darurat Pasca Gempa Lombok

NTB Lombok Gempa Bumi Tanggap Darurat Comments (0) View (609)

Gempa bumi berkekuatan 6,4 SR yang melanda daerah Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan sekitarnya pada Minggu (29/7) pagi lalu menimbulkan kerusakan cukup hebat bagi lokasi terdampak. Diketahui, ribuan rumah rusak (ringan, sedang, dan berat), ratusan orang luka-luka, bahkan belasan orang dinyatakan tewas tertimpa bangunan yang runtuh akibat gempa tersebut.

Atas kejadian ini, Tim Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Provinsi NTB langsung bergerak berkoordinasi dan turun ke lapangan guna membangun posko darurat dan membantu para korban bencana saat itu juga. Khususnya Tim Kotaku Kota Mataram, Lombok Tengah dan Lombok Timur turun langsung ke lapangan menyalurkan bantuan yang datang, bekerja sama dengan Forum Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Kota Mataram dan Forum Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Lombok Tengah. Hingga kini, Tim Kotaku NTB masih mengumpulkan sumbangan dari Sumbawa dan juga Bima.

Seperti dijelaskan Tenaga Ahli (TA) Sosialisasi Kotaku Provinsi NTB Tatus Fatmi, di wilayah dampingan Kotaku sendiri tercatat sekitar 1000 rumah rusak, sedangkan untuk korban meninggal belum didapatkan lagi data terbaru. Hanya saja, kemarin tim evakuasi menemukan anak Kepala Dusun Kokok Putih meninggal di lokasi kejadian. Sampai sore kemarin masih dilakukan evakuasi pendaki Gunung Rinjani. Rencananya, besok pagi Tim Kotaku bersama Tim Pamsimas dan Tim Generasi Sehat dan Cerdas (GSC) akan turun ke lapangan serta memantau lebih lanjut.

Bagi teman-teman di luar NTB yang hendak berbagi guna meringankan beban saudara-saudara kita di sana bisa menyalurkan bantuannya berupa dana melalui B'Sure atau Barisan Sukarela, ke Bank Mandiri No. Rek. 130-00-0790713-5, atas nama Sonny HK. dan Tristiani Susanti.

Sebagai informasi, B'Sure adalah sebuah gerakan sukarela yang diinisiasi para personel Kotaku sejak tahun 2008. Tujuan B'Sure adalah meringankan beban teman-teman sesama pelaku program ataupu masyarakat dampingan melalui penggalangan dana yang akan langsung disalurkan kepada pihak yang membutuhkan bantuan. [Redaksi]

Dokumentasi lainnya:

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.