Beranda Warta Artikel Peningkatan Kapasitas Masyarakat untuk Solusi Kolaborasi

Peningkatan Kapasitas Masyarakat untuk Solusi Kolaborasi

Artikel PKM Pelatihan Masyarakat Peningkatan Kapasitas Comments (0) View (553)

Peningkatan kualitas masyarakat dalam menunjang keberhasilan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) menjadi pekerjaan rumah tak berkesudahan. Lantaran itulah, gelar Peningkatan Kapasitas Masyarakat (PKM) acap digelar di berbagai wilayah dampingan Program Kotaku di Tanah Air.

Keberadaan badan keswadayaan masyarakat (BKM) atau lembaga keswadayaan masyarakat (LKM), lurah, kepala desa, dan camat adalah target dari program peningkatan kapasitas masyarakat ini. Semuanya diharapkan mempunyai peningkatan pemahaman dasar soal peran jajaran pemerintah daerah—camat, lurah, dan kades), sebagai nakhoda penanganan kumuh bersama BKM sebagai motor penggerak forum kolaborasi.

Harapan yang sama juga berlaku untuk peningkatan pemahaman dan kesadaran membangun kolaborasi pencapaian 0 hektare luasan kumuh melalui: kolaborasi satu data, satu peta, dan satu perencanaan. Termasuk pula pentingnya dan mekanisme mengintegrasikan Rencana Penataan Lingkungan Permukiman (RPLP) ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Desa atau Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa, Rencana Strategis atau Rencana Kerja Kecamatan. Jajaran pemerintah dan warga pun diharapkan memahami Indikator Keberhasilan Program (KPI) dan proses pengelolaan pengaduan masyarakat terhadap pelaksanaan program penanganan kumuh.

Pokok bahasan dengan metode Belajar Bersama bakal mengangkat topik mitra balajar, orientasi materi, dan kontrak belajar. Tujuannya, agar peserta PKM bisa saling mengenal, memahami tujuan, mengetahui apa dan bagaimana pelatihan dilakukan, serta membangun kesepakatan untuk belajar bersama. Untuk mata pelajaran Peran Pemda, pokok pembahasan yang dipaparkan adalah peran Pemda sebagai Nakhoda dan peran BKM sebagai Penggerak Kolaborasi Pembangunan.

Pembahasan Kolaborasi Pencapaian 0 Ha Kumuh mengedepankan konsep Kolaborasi 1 Data, 1 Peta, dan 1 Perencanaan. Peserta PKM mesti belajar merumuskan strategi membangun kolaborasi untuk pencapaian 0 ha luas kumuh dan memahami fungsi selaku agen atau fasilitator kolaborasi. Untuk Perencanaan, mata pelajaran yang ditekankan adalah pemahaman dan komitmen indikasi RPLP yang terintegrasi RJMNDes/RKP Desa, Renstra atau Renja kecamatan dan permasalahannya. Sementara Target Program berupaya meningkatkan pemahaman peserta PKM dalam pengurangan luasan kumuh dan makna pencapaian KPI. Dan mata pelajaran terakhir soal Pengendalian mengedepankan pemahaman dari mekanisme dan langkah pengelolaan dan penanganan informasi dan masalah. [Redaksi]

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.