Beranda Warta Cerita Kotaku Papua Barat Selenggarakan Bimbingan Teknis dan Sertifikasi

Kotaku Papua Barat Selenggarakan Bimbingan Teknis dan Sertifikasi

Papua Barat Sertifikasi Sertifikasi Tukang Comments (0) View (350)

Peningkatan kualitas teknis dan fungsi infrastruktur yang dibangun melalui Program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) adalah kebutuhan utama saat ini. Pencapaian semua hal tersebut bisa didukung melalui tenaga profesional di bidang jasa konstruksi—untuk memenuhi kebutuhan pembangunan skala kecil maupun besar—yang memiliki perangkat standar terukur yang sekaligus menyaring tenaga kerja sesuai persyaratan kompetensi. Pelatihan tukang diyakini sebagai usaha memperbaiki prestasi tenaga kerja pada suatu pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.

Melalui inisiasi Direktorat Kerja Sama dan Pemberdayaan Direktorat Jenderal Bina Konstruksi dengan Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, diadakanlah Peluncuran Sertifikasi Tenaga Kerja Program IBM Kotaku di Kota Sorong, Papua Barat, akhir Juli silam.

Acara yang diselenggarakan di Balai Latihan Kerja Sorong tersebut dihadiri empat orang perwakilan dari Balai Latihan, dengan peserta sebanyak 36 orang. Sementara acara sejenis yang diselenggarakan di awal Agustus di Kabupaten Manokwari diikuti oleh 30 orang peserta.

Peluncuran Acara Bimbingan Teknis dan Sertifikasi yang dibuka Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan tersebut dihadiri sejumlah pejabat wilayah setempat. Di antaranya Kepala Satuan Kerja Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Papua Barat Akhmad Hidayat, Kepala Dinas PKP Kabupaten Manokwari Joni Towansiba, perwakilan Balai Bina Jasa Konstruksi Wilayah 7 Jayapura Marthinus Napa, Yulianis Rombe wakil dari Lembaga Pengambangan Jasa Konstruksi (LPJK), Satker PIP Dinas PKP Kabupaten Manokwari, camat dan lurah serta wakil badan keswadayaan masyarakat (BKM), termasuk para peserta bimbingan teknis.

Menurut Demas, saat ini konstruksi adalah lahan pekerjaan yang menjanjikan. Tak heran bila bimbingan teknis dan sertifikasi menjadi sangat penting rangka pengembangan kapasitas tenaga kerja yang tentu berbanding lurus dengan kualitas infrastruktur yang terbangun. Demas berharap dengan bimbingan teknis dan sertifikasi ini dapat memacu semangat para tenaga kerja.

Di sela pembukaan, Demas pun menyerahkan secara simbolis Bantuan Dana Investasi Program Kotaku 2018 kepada Kordinator BKM Wosi sebesar Rp 1,5 miliar, BKM Manbar sebesar Rp 700 juta, dan BKM Mantim sebanyak Rp 1,5 M. Demas juga menyematkan Alat Pelindung Diri (APD) kepada perwakilan peserta sebagai tanda dimulainya kegiatan tersebut.

Ada sederet materi dan sub-materi yang akan dipelajari para peserta Bimbingan Teknis dan Sertifikasi ini. Mulai dari materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Materi Tukang Batu, Materi Tukang Kayu, Materi Tukang Besi, Praktik Lapangan, dan Observasi Asesor, hingga wawancara. Sub-materi rata-rata terdiri dari Pengetahuan Bahan, Alat, Metode, dan Pengetahuan Konstruksi. [Pabar]

 

Penulis: Muhammad Rusli, TA Pelatihan OSP Kotaku Provinsi Papua Barat

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.