Aplikasi SIM

Aplikasi SIM

Aplikasi SIM Kotaku Aplikasi Utama View (6845)

Sistem Informasi Manajemen (SIM) Kotaku memiliki peran strategis dalam mendukung program Kotaku, khususnya sebagai alat pengendali tidak langsung dalam kegiatan Kotaku. Dalam cetak biru (blue print) SIM Kotaku dijelaskan bahwa; visi utama SIM Kotaku adalah mendukung tercapainya 0 Ha kumuh melalui penggunaan yang efektif dari data/informasi numerik maupun spasial yang mampu memfasilitasi kolaborasi dan pengambilan keputusan pelaku Kotaku.

Misi dibangunnya SIM Kotaku meliputi

  1. Memfasilitasi Kolaborasi antar pelaku Kotaku dan memudahkan pelaku Kotaku dalam mengambil keputusan berbasis fakta dan realita.
  2. Menyediakan sistem informasi numerik maupun geospasial yang terintegrasi agar pelaku Kotaku dapat melihat data/informasi yang sama untuk memonitor kemajuan, capaian, maupun kualitas program.
  3. Mempercepat dan memudahkan proses pengumpulan data dari pelaku Kotaku.
  4. Menyediakan informasi yang mudah diakses, cepat, tepat, murah (cost effective), dan mampu memantau kegiatan dan hasil Kotaku berbasis GIS.

Sedangkan tujuan utama dari SIM Kotaku adalah untuk memfasilitasi pelayanan, perekaman data kegiatan dan mencetak laporan program (KPI, Profil, kemajuan penanganan dan pencegahan kumuh) secara online sebagai bahan untuk perencanaan, monitoring dan evaluasi, serta alat dialog dengan kota dengan kota dalam penanganan dan pencegahan kumuh.

Agar Sistem Informasi Manajemen (SIM) Kotaku berjalan sesuai dengan harapan maka dibutuhkan komponen-komponen utama (subsistem) yang saling berhubungan dan tidak dapat dipisahkan komponen satu dengan komponen lainnya dari SIM Kotaku meliputi; Aplikasi, Database, Prosedur Operasional Standar (POS), Glossary, Format Input Manual, Pelaku SIM, dan perangkat keras (server).

Khusus terkait komponen aplikasi, dengan fungi utama sebagai alat perekaman data elektronik, dari sekian aplikasi yang tersedia dikembangkan menggunakan satu platform bahasa pengembangan, satu database, bersifat terpadu dan berbasis full online. Bagaimana cara mengakses dan menggunakan aplikasi SIM Kotaku tersebut?.

Aplikasi SIM Kotaku menerapkan teknologi Single-sign-on (SSO) bagi user yang ingin mengkases aplikasi di dalamnya. Single-sign-on adalah teknologi yang mengizinkan pengguna jaringan agar dapat mengakses sumber daya (aplikasi) dalam jaringan hanya dengan menggunakan satu akun pengguna saja. Tentunya dimulai dengan melakukan pendaftaran user (registrasi) dan dan mendapat persetujuan dari pengelola user aplikasi SIM Kotaku.