Beranda Warta Cerita Kampanye Cegah Kumuh Manado Fiesta: Mari Jo!

Kampanye Cegah Kumuh Manado Fiesta: Mari Jo!

Sulawesi Utara Manado Karnaval Fisco Comments (0) View (879)

...Oh, senangnya tinggal di Kota Manado
M’nado, M’nado, M’nado Bebas Kumuh
Pemerintah Nahkodanya
Manado Bebas Kumuh
M’nado, M’nado, M’nado Bebas Kumuh
Kolaborasi Jadi Solusi
Manado Bebas Kumuh...

Itulah penggalan yel-yel yang dikumandangkan Tim Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Kota Manado, Sulawesi Utara di perhelatan pembukaan Manado Fiesta 2018, Jumat (31/8) sore. Di gelar akbar tahunan kali kedua yang mengusung “Harmony in Diversity (Harmoni dalam Keragaman)”ini, Tim Program Kotaku tampil maksimal. Dengan penuh semangat, tak kurang dari 40 personel Progam Kotaku ala Maldiven van Celebes aktif di iringan karnaval dengan nomor urut jalan ke-43. Pesan yang disampaikan jelas: Manado Harus Bebas Kumuh!

Partisipasi Tim Kotaku di Karnaval FISCO (Festival Keindahan Bawah Laut) memang mendapat sambutan hangat penonton. Peresmian iring-iringan karnaval berjalan yang dimulai sejak pukul 15.00 waktu setempat dipimpin langsung Wali Kota Manado G.S. Vicky Lumentut dan Wakil Wali Kota Manado Mor D. Bastian. Rute arak-arakan dimulai dari Taman Berkat dan berakhir di Pohon Kasih, Kawasan Mega Mas. Tak kurang dari 91 kelompok peserta karnaval hadir menyemarakkan FISCO. Ada kelompok pejalan kaki berkostum khas suku, budaya, adat istiadat, agama, baju super hero (cosplay), barisan mahasiswa, hingga kendaraan hias bertema keindahan bawah laut di sekitar Manado.

Tim Kotaku hadir di kelompok cosplay dengan mengusung tema “Kekumuhan”. Para pesertanya menggunakan delapan kostum (7 indikator kumuh + 1). Di bagian belakang barisan, Tim Kotaku pun membawa sederet peraga ajakan untuk mencegah dan menangani masalah kumuh di Kota Tinutuan. Ide menampilkan “kumuh” muncul usai koordinasi antara Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah Kota Manado Liny Tambajong dan panitia. Sang ujung tombak pelaksanaan Tim Kotaku adalah Koordinator Kota Program Kotaku Kota Manado Michiko Mamuaya dan komandan barisan Asisten Kota Urban Planner Henky A. Erungan. Karnaval FISCO Manado Fiesta 2018 ini juga dihadiri Menteri Dalam Negeri Cahyo Kumolo, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, dan sejumlah pejabat tinggi Provinsi Sulut.

Yo, yo, ayo...
Yo, ayo. Yo, yo, ayo...
Yo, ayo. Yo, yo, ayo...
Kita Bisa Tuntas Kumuh Kota M’nado.
[Sulut]

Dokumentasi lainnya:

 

Penulis: Adri Mengko, Asisten Kota Kolaborasi dan Kelembagaan (KK) Kota Manado, OSP Kotaku Sulawesi Utara

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.