Cerita

Beranda Warta Cerita Kolaborasi Renovasi Jalan Lingkungan Bangkitkan Bagan Pete

Kolaborasi Renovasi Jalan Lingkungan Bangkitkan Bagan Pete

Jambi Praktik Baik Infrastruktur Comments (0) View (52)

Jalan lingkungan adalah syarat utama penunjang sarana transportasi wilayah, di banyak tempat di Tanah Air. Pun demikian halnya dengan area Rukun Tetangga 14, Kelurahan Bagan Pete, Kecamatan Alam Barajo, Provinsi Jambi. Bila sarana seperti jalan penghubung lancar, biasanya biaya transportasi dapat ditekan dan dialokasikan untuk kebutuhan lain.  Keberadaan akses jalan yang baik juga diyakini mampu meningkatkan kinerja masyarakat sekitar, khususnya dalam memudahkan masyarakat beraktivitas sehari-hari.

Sejak lama sarana jalan lingkungan di Kelurahan Bagan—khususnya RT 14—tak pernah tersentuh rencana renovasi pemerintah daerah maupun program pemberdayaan masyarakat dari pemerintah pusat. Tak heran di musim penghujan jalan penghubung berubah menjadi sangat becek dan licin: untuk pejalan kaki maupun pengguna kendaraan. Keterbatasan akses jalan lingkungan itulah yang memberikan predikat kumuh buat wilayah RT 14 di Kelurahan Bagan Pete.

Warga bersama pengurus Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Beliung Patah tak mau berpangku tangan lagi. LKM yang diketuai Pujiono itu berinisiatif membentuk relawan-relawan dari RT untuk bergabung dalam Tim Inti Perencanaan Partisipatif (TIPP) buat pendataan baseline 100-0-100. Mereka ditugaskan untuk melakukan pendataan terkait baseline dan mengajukan usulan kegiatan pembangunan lingkungan. Hasilnya jelas: kegiatan yang bakal menjadi skala prioritas dan termasuk indikator kekumuhan di RT tersebut adalah kondisi jalan lingkungan.

Setelah berembuk dengan badan keswadayaan masyarakat (BKM) setempat, diajukanlah usulan pembuatan jalan dan pembentukan kelompok swadaya masyarakat (KSM) serta membuat proposal kegiatan didampingi tim fasilitator. Pengelolaan realisasi rehabilitasi jalan lingkungan RT 14 dengan volume 100 X 2,5 X 0,1 meter yang dikelola langsung KSM Bagan Pete 14. Sumber dana yang dipakai untuk pelaksanaan kegiatan lingkungan ini beralokasi dari dana kolaborasi berupa dana Bangkit Berdaya 2018 dan swadaya masyarakat. Program Bangkit Berdaya tersebut adalah program Wali Kota Jambi berupa bantuan bahan material untuk kegiatan yang diusulkan. Sementara upah pekerja berasal dari swadaya masyarakat dan gotong royong.

Kini kondisi jalan lingkungan di wilayah RT 14 Kelurahan Bagan Pete boleh disebut layak 100 persen. Dan sekarang, warga setempat tampak semakin antusias, peduli, dan semakin bersemangat menjaga lingkungannya, termasuk mencegah kembalinya predikat kumuh buat wilayah mereka. [Jambi]

Setelah jalan lingkungan dibangun:

 

Penulis: Muchtalutfi, Tenaga Ahli Komunikasi OC Kotaku Provinsi Jambi

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.