Beranda Warta Cerita Masalah Drainase dan Sampah Sumber Jaya Tuntas

Masalah Drainase dan Sampah Sumber Jaya Tuntas

Cerita Bengkulu BDI Comments (0) View (157)

Warga Rukun Tetangga 07 Kelurahan Sumber Jaya, Kota Bengkulu boleh tersenyum lebar sekarang. Pasalnya jelas, kawasan yang dulu rawan banjir akibat sistem drainase yang tak memadai plus pengelolaan sampah yang masih berantakan kini berangsur tak ada lagi. Wilayah yang sebelumnya masuk dalam kategori deliniasi kumuh ringan telah berganti status: tak kumuh lagi.

Berdasarkan pengkajian data baseline 2017, kawasan permukiman di RT 07 Kelurahan Sumber Jaya adalah penyumbang angka numerik penyebab kumuh. Area itu dinyatakan memiliki persoalan drainase dengan nilai 4 dan masalah sampah senilai 13, yang menjadikannya menyandang predikat kumuh ringan.

Namun tentu saja kondisi tersebut adalah masa silam. Sebab saat ini Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Melati yang didaulat sebagai panitia pelaksana pelaksanaan kegiatan pembangunan infrastruktur berupa drainase dan pengadaan motor sampah di RT 07 sudah beraksi. Ada pembangunan infrastruktur penanganan kumuh di sana.

Pelaksanaan kegiatan pembangunan infrastruktur drainase di Kelurahan Sumber Jaya tersebut sudah sesuai Surat Perjanjian Pekerjaan Dana Lingkungan (SP2DL), yakni pembangunan drainase Tipe 30 dengan volume 342 meter. Sementara drainase Tipe 50 dengan volume 89 meter sudah memasuki 60 persen tahap pengerjaan, serta satu unit motor pengangkut sampah. Pembangunan berbasis Bantuan Dana Investasi itu bersumber dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara sebesar Rp 239.073.000, dengan swadaya masyarakat sebanyak Rp 5.636.000.

Menurut Gunawan, penduduk RT 07, warga setempat sangat mendukung penuh pelaksanaan kegiatan pembangunan infrastruktur. Mereka berterima kasih karena pemerintah telah membangun dan memperbaiki lingkungan. Bahkan, Gunawan misalnya, rela mengorbankan beberapa tanaman hias miliknya yang terkena pembangunan drainase. “Sudah selayaknya masyarakat ikut membantu pelaksanaan pembangunan,” kata dia. Rasa memiliki dan kebersamaan telah menjadikan kegiatan pembangunan berjalan lancar. [Bengkulu]

Dokumentasi lainnya:

 

Penulis: Kartini R., TA Komunikasi KMW/OC Kotaku Provinsi Bengkulu

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.