Kepulauan Riau Gelar Peringatan Gotong Royong Sedunia

Berita Kepulauan Riau World Clean Up Day Gotong Royong Comments (0) View (671)

Momentum World Cleanup Day 2018 mendapat perhatian khusus para pelaku Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Bersama sejumlah perwakilan elemen masyarakat, pelaku Program Kotaku ikut berpartisipasi di acara World Cleanup Day 2018 yang diterjemahkan sebagai Gotong Rotong Sedunia yang diselenggarakan di Kawasan Pelantar 1, 2, 3, Kelurahan Tanjung Pinang Kota, pertengahan September 2018 ini.

Aksi bersih-bersih lingkungan itu berlangsung serempak di empat lokasi wilayah dampingan Program Kotaku Kepri: Kota Tanjungpinang, Kota Batam, Kabupaten Karimun, dan Kabupaten Bintan. Harapannya sederhana, menjadikan Kepri bebas sampah dan bebas kumuh dengan cara membersihkan semua sampah yang ada di seluruh penjuru kota.

Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun mengapresiasi aksi gotong royong Sedunia 2018 ini dan berterima kasih kepada seluruh peserta dan relawan yang terlibat. Dia juga mengingatkan seluruh komponen masyarakat untuk lebih peduli dengan lingkungan dan tak membuang sampah ke laut, dimulai  dari diri sendiri.

Acara World Cleanup Day 2018 di Kota Tanjungpinang tersebut dihadiri sejumlah pejabat daerah seperti Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Yerri Suparna, Pejabat Wali Kota Tanjungpinang Raja Ariza, dan Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Tanjungpinang Yuswandi. Kegiatan ini melibatkan berbagai komunitas, instansi, yayasan, perusahaan, dan masyarakat sekitar. Mereka bergotong royong mengumpulkan sampah yang ada dari berbagai jalur drainase, di jalanan, dan kemudian dikumpulkan ke dalam kantong plastik.        

Pihak Dinas Lingkungan Hidup Provinsi juga membagikan botol plastik dan isi ulang air minum kepada peserta dengan tujuan mengurangi pemakaian sampah plastik pada minuman kemasan. Pelaku Program Kotaku turut berkontribusi dalam kegiatan ini dengan membagikan Pin Kotaku kepada peserta. Setelah terkumpul semua, sampah dimasukkan ke dalam truk untuk dibawa ke lokasi pembuangan sampah di daerah Batu 11, Kelurahan Pinang Kencana. [Kepri]

Dokumentasi lainnya:

 

Penulis: Raziza Malindawati, Tenaga Ahli Komunikasi, OC Kotaku Provinsi Kepulauan Riau

Editor: Epn/Vhany Medina

0 Komentar