Program Kotaku Menata Ulang Kelurahan Setiamanah

Berita Jawa Barat Cimahi Comments (0) View (465)

Setiamanah adalah kelurahan yang belum tertata dan cenderung kumuh. Kendati, bila menilik sejarah, kelurahan yang berada di pusat kota—dekat alun-alun—itu sudah lama berdiri, jauh sebelum Kota Cimahi, Provins Jawa Barat terbentuk. “Permasalahan kumuh belum dapat ditangani pihak pemerintah kota sepenuhnya hingga Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) hadir,” kata Lurah Setiamanah Sularno Muktiwongso.

Menurut Koordinator Badan Keswadayaan Masyarakat Setiamanah Elis, ada enam rukun warga (RW) di Kelurahan Setiamanah yang masuk dalam kategori kawasan kumuh dan harus segera ditangani. Yakni, RW 4, 5, 6, 7, 12, dan RW 16. Prioritas pembangunan infrastruktur di Setiamanah pada 2018 ini adalah akses air bersih, drainase, dan jalan lingkungan yang akan dibangun oleh 15 kelompok swadaya masyarakat (KSM) melalui Bantuan Dana Investasi (BDI) Tahap 1.

Di tahap persiapan pelaksanaan kegiatan, BKM Setiamanah telah menggelar pelatihan kepada KSM tentang langkah dan teknik pelaksanaannya. Termasuk di antaranya sudah mensosialisasikan perencanaan pembangunan Program Kotaku kepada seluruh masyarakat, terutama yang ada di wilayah kumuh. Masyarakat antusias dan menyepakati swadaya serta penyediaan tenaga kerja dari lingkungan tersebut.

(Sumber: https://limawaktu.id/news/penataan-dranaise-dan-air-bersih-di-kelurahan-setiamanah-dengan-kotaku)

 

Penulis: Imas Siti Masyitoh, Tenaga Ahli Komunikasi OC 5 Kotaku Jawa Barat

Editor: Epn

0 Komentar