Beranda Warta Cerita BDI 2018 Tata Ulang Kelurahan Sumber Jaya

BDI 2018 Tata Ulang Kelurahan Sumber Jaya

Ceriita Bengkulu BDI Comments (0) View (328)

Pertumbuhan penduduk yang relatif cepat berdampak pada munculnya permasalahan di perkotaan. Seperti penurunan kualitas pelayanan publik, berkurangnya ketersediaan lahan permukiman, penumpukan sampah, dan masalah sosial lainnya. Persoalan sosial tersebut juga terjadi di Kelurahan Sumber Jaya, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu. Warga selalu khawatir saat hujan turun, dan banjir akan menggenangi rumah mereka. Tidak hanya itu saja, genangan air pun berisiko munculnya penyakit demam berdarah.

Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) mengalokasikan Bantuan Dana Investasi (BDI) sebesar Rp 2 miliar buat mengatasi permasalahan permukiman di Kelurahan Sumber Jaya untuk Tahun Anggaran 2018. Anggaran BDI itu dikeluarkan berdasarkan perencanaan pembangunan yang tertuang dalam Rencana Penataan Lingkungan Permukiman (RPLP). Pencairan BDI di Kelurahan Sumber Jaya telah dilakukan secara bertahap sejak 20 Juli 2018. Ada tujuh kelompok swadaya masyarakat (KSM) yang direkomendasikan mendapat dana dari Program Kotaku. Pelaksanaan yang sudah mulai berjalan di antaranya adalah pembangunan infrastruktur skala lingkungan.

Proses On Job Training (OJT) dilakukan sebelum pembangunan konstruksi dimulai di RT 7 yang melibatkan tujuh KSM dan sejumlah tukang. Tujuannya untuk memastikan KSM, pekerja, tukang, mengetahui tahap-tahap perencanaan dan pelaksanaan konstruksi sesuai standar teknis dan aturan yang sudah ditetapkan. Simulasi melalui kegiatan OJT ini untuk mengurangi permasalahan kumuh khususnya persampahan, drainase, jalan.

Pembangunan drainase di dalam permukiman kini membantu mengalirkan limpasan air menuju pembuangan. Maklum, selama ini air berada di dalam permukiman dan tidak keluar menuju pembuangan. Motor sampah pun telah siaga agar warga tak lagi terganggu dengan polusi dan bau karena lambatnya pengangkutan sampah.

Pihak lembaga keswadayaan masyarakat (LKM) dan kelurahan antusias berupaya menata wilayahnya berkat pelaksanaan BDI 2018. Masyarakat—bahkan kaum perempuan—dilibatkan  langsung bergotong royong membangun drainase. Warga juga berkomitmen untuk saling mengingatkan agar tidak lagi membuang sampah sembarangan. Sementara pihak rukun tetangga dan lurah akan terus mensosialisasikan dan memantau serta mengatasi masalah sampah.

Pada 2017, Kelurahan Sumber Jaya juga pernah mendapatkan BDI dari Program Penanganan Kawasan Permukiman Kumuh di Perkotaan (NUSP). Dana sebesar Rp 500 juta diberikan untuk kegiatan pembangunan fasilitas infrastruktur skala lingkungan. [Bengkulu]

 

Penulis: Kartini, Tenaga Ahli Komunikas, OC/KMW Kotaku Provinsi Bengkulu

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.