Beranda Warta Cerita “Rumah Ber-PHBS" ala Dusun Curup

“Rumah Ber-PHBS" ala Dusun Curup

Bengkulu Curup Infrastruktur PHBS Comments (0) View (1089)

Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas dasar kesadaran. Dalam penerapannya, konsep tersebut membentuk anggota keluarga dapat mulai menjaga kesehatan sejak dini, termasuk rumah kediaman. Di Kelurahan Dusun Curup, Provinsi Bengkulu, terdapat contoh rumah sehat dan pembinaannya yang dilakukan kader Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan kader pos pelayanan terpadu (posyandu) setempat. Rumah sehat diyakini bakal menjadi bangunan tempat berlindung dan beristirahat sekaligus sarana pembinaan keluarga.

Ciri-ciri rumah sehat ideal PHBS di antaranya adalah setiap kamar memiliki minimal satu ventilasi udara. Saluran pembuangan tidak menggenang dan tidak tersendat, sehingga tidak mencemari tanah dan air yang terkandung di dalamnya. Penampungan air seperti bak selalu tertutup dan dibersihkan secara rutin.  Selain itu tempat sampah organik dan anorganik juga dikosongkan secara berkala.

Kediaman Marwah adalah contoh rumah yang dianggap sudah melaksanakan PHBS di Dusun Curup. Marwah adalah potret masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang memiliki kebiasaan hidup sehat. Rumahnya bersih dan berventilasi udara. Ia juga hobi menanam tanaman obat, rempah-rempah, dan sayur-sayuran untuk kebutuhan sehari-hari rumah tangga.

Sebenarnya ada banyak pola PHBS yang bisa diterapkan di rumah. Mulai dari membersihkan dan merapihkan tempat tidur, membuka jendela untuk sirkulasi udara, membersihkan rumah dan memisahkan sampah, memelihara tanaman obat, mencuci tangan menggunakan sabun, dan mandi minimal dua kali sehari. Yuk, bikin rumah kita menjadi sehat! [Bengkulu]

Sumber: KOTAKU: Pembinaan dan Percontohan Rumah Sehat 

 

Penulis: Dewi Anggreni (Senior Faskel TF 10) dan Piedo Putra (Fasilitator Sosial TF 10), KMW/OC Kotaku Provinsi Bengkulu

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.