Beranda Warta Berita Dibatalkan, Peringatan Hari Habitat Dunia di Palu

Dibatalkan, Peringatan Hari Habitat Dunia di Palu

Berita Sulawesi Tenggara Palu Donggala HHD HKD Gempa Tsunami Comments (0) View (667)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memutuskan untuk membatalkan peringatan Hari Habitat Dunia (HHD) dan Hari Kota Dunia (HKD) yang sedianya diselenggarakan di Kota Palu pada 30 September silam sampai 3 Oktober. Menurut rencana semula, puncak peringatannya akan dilakukan pada Senin (1/10) ini di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Kawatuna, Kelurahan Mantikulore, Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah.

Pembatalan peringatan HHD tersebut amat beralasan karena kawasan Kota Palu dan Kabupaten Donggala, serta Kabupaten Sigi, rusak berat dilanda gempa dan tsunami pada Jumat (28/9) petang. Menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Ahad siang kemarin, 832 orang dilaporkan tewas akibat gempa berkekuatan magnitudo 7,4 skala Richter dan gelombang tsunami yang mengikutinya. Jumlah warga yang terluka diperkirakan mencapai lebih dari 500 orang, dan puluhan lainnya dinyatakan masih hilang.

Tak kurang dari 15 ribu orang terpaksa mengungsi dan bermukim di tenda-tenda dan di tempat yang lebih tinggi seperti di perbukitan dekat kota, serta ke kerabat di luar kota. Hingga Senin, 1 Oktober pagi, tidak ada perubahan data jumlah korban tewas akibat bencana gempa bumi dan tsunami di Kota Palu dan Kabupaten Donggala.

BNPB merinci, sebagian besar korban tewas akibat tertimpa bangunan dan diterjang tsunami. Sayangnya, operasi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) tidak mudah karena terkendala listrik padam, fasilitas alat berat yang minim, hingga akses menuju lokasi yang terputus. BNPB memperkirakan, kemungkinan jumlah korban akan terus bertambah karena pencarian dan evakuasi masih terus dilakukan.

Dalam Masa Tanggap Darurat hingga 11 Oktober mendatang, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiagakan penyediaan sarana dan prasarana sanitasi dan air bersih serta alat berat. Di antaranya unit Instalasi Pengolahan Air (IPA), kendaraan double cabin, dump truck, mobil tinja, kamar mandi bongkar pasang, kamar mandi portabel, bioseptik, tenda hunian darurat, meja, genset, mobil tanki air, dan excavator. Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kemen PUPR akan fokus pada penyediaan kebutuhan air bersih bagi warga. Termasuk pembersihan jalan dari reruntuhan gedung dan lumpur serta membuka akses Jalan Trans Sulawesi menuju Kota Palu yang tertutup akibat longsor.

Sejalan dengan itu Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) membuka penyaluran bantuan untuk meringankan beban para korban bencana gempa dan tsunami di Palu, Donggala, dan Kabupaten Sigi. Bantuan bisa disalurkan melalui rekening Barisan Sukarela (B'Sure), dengan nomor rekening B'Sure Bank Mandiri: 130-00-0790713-5 atas nama Sonny H. Kusumah dan Tristiani Susanti.

B'Sure adalah sebuah gerakan sukarela yang diinisiasi para personel Program Kotaku sejak 2008. Tujuan B'Sure adalah meringankan beban sesama pelaku program ataupun masyarakat dampingan melalui penggalangan dana yang akan langsung disalurkan kepada pihak yang membutuhkan bantuan. [Redaksi]

Dokumentasi lainnya:

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.