Beranda Warta Cerita Rosana, “Kartini” Desa Air Saga

Rosana, “Kartini” Desa Air Saga

Bangka Belitung Belitung Profil Tokoh Comments (0) View (176)

“Seonggok kemanusiaan terkapar. Siapa yang mengaku bertanggung jawab? Bila semua pihak menghindar, biarlah saya yang menanggungnya, semua atau sebagiannya...” Kutipan karya tulisan almarhum mantan Wakil Rakyat sekaligus tokoh religi Rahmat Abdullah itu mengena betul buat Rosana sejak 11 tahun silam, khususnya bila menyoal kumuh. Kotor, kusam, jorok, dan semrawut, menjadi kenyataan keseharian buat perempuan asal Desa Air Saga, Kecamatan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung itu. Dia berkomitmen, akan mengubahnya.

Dan, Rosana pantang ingkar.

Boleh jadi, saking gemasnya, ibu dua anak itu “nekat” bergabung dengan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Maju Lestari. Setahun setelah melebur bersama Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) beberapa waktu kemudian, dia didaulat menjadi Koordinator BKM Maju Lestari.

Kala beraksi, Rosana tentu tak lekang dari kendala. Maklum saja, perempuan paruh baya itu mesti berbagi peran sepanjang waktu: sebagai istri, ibu, sekaligus abdi masyarakat. Tekad membuatnya mampu memberi pengertian kepada keluarga supaya tetap bisa menjalankan tugas memberikan yang terbaik bagi Desa Saga.

Bagi warga desa, Rosana adalah sosok yang rendah hati dan menyenangkan bagi semua kalangan. Ia mudah diajak berdiskusi dalam hal apapun, terlebih tentang kegiatan dan Program Kotaku. “Saya yang sangat berterima kasih, karena melalui program ini saya dapat banyak pengalaman yang sangat berharga,” kata “Kartini” yang berhasil menjalankan fungsinya sebagai relawan sekaligus seorang agen perubahan itu.

Perempuan yang hobi memasak dan membuat kue itu acap hadir dan selalu aktif dalam setiap kegiatan BKM di tingkat desa dan rukun tetangga. Termasuk di antaranya mengkoordinir tukang dalam kegiatan pelatihan tenaga kerja pembangunan infrastruktur Program Kotaku. Namun momentum penting sepanjang aktivitasnya adalah pembangunan rumah layak huni dan pembangunan fasilitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Desa Air Saga. Pasalnya, saat itulah dia bisa membantu orang lain, saling berbagi, dan membuat sesama merasakan kebahagiaan.

Keinginannya memang tak muluk. Hanya mau lingkungan dan desanya menuju ke arah yang lebih baik. Dan Rosana telah membuktikannya.

 

Penulis: Rizal Panggabean, Fasilitator Kelurahan Sosial Kabupaten Belitung, KMW/OC Kotaku Provinsi Bangka Belitung

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.