Cerita

Beranda Warta Cerita Gugurnya Pejuang Pemberdayaan Masyarakat Besusu Barat

Gugurnya Pejuang Pemberdayaan Masyarakat Besusu Barat

Comments (0) View (166)

Belum genap tiga bulan lalu media sosial Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) menampilkan “Sosok Inspiratif Kotaku” dari Kota Palu, malam kemarin Redaksi menerima kabar duka. Adalah Koordinator BKM Ntovea, Kelurahan Besusu Barat Awir U. Lagaga, ternyata menjadi salah satu korban gugur dalam peristiwa tsunami yang menyapu teluk Palu pascagempa, pada Jumat (28/9) petang lalu. Innalillahi wa innailaihi rojiuun..

Menurut informasi yang diterima, jenazah Awir ditemukan di soki-soki tempat anjungan Palu Nomoni. Diketahui, rumah kediaman keluarga Awir Lagaga hanya berjarak sekitar 50 meter dari anjungan tersebut. Kepergiannya meninggalkan kesedihan mendalam bagi Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), tak hanya personel di Kota Palu tapi juga di Konsultan Manajemen Pusat (KMP). Karena Awir dikenal sebagai sosok yang baik, ramah, dan setia mengawal kegiatan program sejak PNPM Perkotaan hingga Kotaku saat ini.

"Sedih yang mendalam, karena hampir setiap pagi dan sore teman-teman Tim Korkot (Palu) selalu bersama beliau untuk menyambut Hari Habitat Dunia dalam penyiapan lingkungan Lorong Bakso," tulis Korkot Palu Rusnah, tadi pagi. Kabar terakhir, jenazah sudah diambil oleh keluarga dan dibawa ke Desa Wani, Kabupaten Donggala, yang terletak sekitar 25 km dari Kota Palu.

Awir Lagaga menangani BKM Ntovea sejak tahun 2007 hingga wafatnya. Ia dikenal sebagai sosok yang senang dan bangga terlibat dalam aktivitas sosial kemasyarakatan. Koordinator yang mengantarkan BKM Ntovea meraih penghargaan Kelembagaan Terbaik PNPM Mandiri Perkotaan pada tahun 2010 dari Kemenkokesra dan "BKM Terbaik" dari Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum di tahun yang sama.

Selamat jalan, Pak Awir Lagaga. Terima kasih atas budi bakti Bapak kepada masyarakat Besusu Barat khususnya, dan Kota Palu pada umumnya. Semoga Bapak husnul khotimah, dan juga keluarga-kerabat yang ditinggalkan diberi kesabaran serta ketawakalan oleh Allah. Aamiin.. [Redaksi]

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.