Beranda Warta Berita Program Kotaku Partisipasi dalam HLM4 on CLKS

Program Kotaku Partisipasi dalam HLM4 on CLKS

High-Level Meeting Country-Led Knowledge Sharing Event Internasional Comments (0) View (145)

Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) bersama Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) sebagai perwakilan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), berpartisipasi dalam kegiatan  “Fourth High-Level Meeting on Country-Led Knowledge Sharing” (HLM4 on CLKS) di Nusa Dua, Bali, hari ini Senin (15/10).

Acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/BAPPENAS bersama World Bank, didukung Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDT), Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan & Kebudayaan, Tim Koordinasi Nasional Kerjasama Selatan-Selatan, Islamic Development Bank (IsDB), Kerjasama Jerman, Japan International Cooperation Agency (JICA) dan USAID ini mengangkat tema “Local Innovation as Driver for Global Development”.

Forum tersebut dibuka oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (Kepala Bappenas) Bambang Brodjonegoro. Hadir pula dalam forum adalah Menteri Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putra Sandjojo, Menteri Keuangan Bangladesh Abul A. Muhith, Wakil Presiden Turkish Cooperation and Coordination Agency Birol Cetin, perwakilan industri Bio Farma, bersama dengan lebih dari 250 peserta nasional dan internasional, 50 pembicara, dan 22 peserta pameran dari 42 negara.

Fourth High Level Meeting on Country-Led Knowledge Sharing diselenggarakan selama 15 hingga 17 Oktober 2018. Hari pertama, agenda pertemuan meliputi High Level Panel, Knowledge Market Place, dan Enam Parallel Thematic Session. Di hari kedua akan dilaksanakan kunjungan lapangan ke beberapa lokasi di Bali yang menampilkan program-program inovasi lokal. Fourth High Level Meeting on Country-Led Knowledge Sharing akan ditutup dengan penyelenggaraan workshop (Learning Day) interaktif dengan topik-topik yang berkaitan dengan knowledge sharing oleh Grup Bank Dunia.

Menurut Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, HLM4 on CLKS bertujuan untuk menyediakan platform bagi pembuat kebijakan, praktisi dan mitra pembangunan untuk berdiskusi dan berbagi pengetahuan tentang solusi dan inovasi lokal untuk mengatasi permasalahan-permasalahan pembangunan. Ini merpakan pertemuan keempat dalam rangka High-Level Meeting on Country Led Knowledge sharing. Pertemuan pertama di Bali pada tahun 2012 menghasilkan dokumen “Bali Communique” yang berisi komitmen dari negara-negara dunia untuk memperkuat inisiatif knowledge sharing untuk pembangunan.

Pertemuan kedua, di Seoul pada tahun 2014, menghasilkan sejumlah langkah kongkrit untuk memperkuat kerja sama dalam kerangka berbagi pengetahuan. Salah satunya melalui penguatan kapasitas institusi-institusi penyedia dan penghubung pengetahuan. Pertemuan ketiga pada tahun 2016 di Washington DC menyepakati pembentukan Global Partnership on Knowledge Sharing (GPKS) sebagai platform bagi seluruh pemangku kepentingan untuk bekerja sama mengatasi tantangan-tantangan pembangunan melalui kerangka berbagi pengetahuan. [Red]

Dokumentasi lainnya:

 

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.