Beranda Warta Cerita Badung Punya Kiat Jitu Olah Sampah

Badung Punya Kiat Jitu Olah Sampah

Pengelolaan Sampah Bank Sampah Daur Ulang Plastik Badung Bali Comments (0) View (111)

Pagi itu, serombongan kecil orang berjalan sedikit tergopoh. Masing-masing berjalan cepat sambil menjinjing sekantung bawaan di tangannya. Usai melintasi hamparan kebun yang ditanami bunga Gemitir, tak jauh dari ruas jalan Sempidi-Mengwi, sekelompok orang tadi tiba di Kantor Tim Koordinator Kota Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Kabupaten Badung di Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Badung, Bali, pertengahan Oktober ini. Mereka sigap mengepak sampah plastik dan membawanya ke pojok rumah hijau: Bank Sampah Sentral "Sekar Jepun Mangupura" tak jauh dari kantor. Dan begitulah aktivitas keseharian tim, sebagai "nasabah" bank sampah di sini, sejak tiga bulan terakhir.

Sekar Jepun Mangupura adalah hasil terobosan penanganan sampah di wilayah Badung, di bawah binaan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Badung. Bank sampah ini memang melayani pegawai perkantoran maupun masyarakat umum di lingkungan pusat pemerintahan Kabupaten Badung. Hal ini sesuai dengan tekad Kabupaten Badung yang ingin mengubah perilaku masyarakat terhadap penanganan sampah di lingkungan mereka. DLHK Kabupaten Badung mentargetkan seluruh banjar (lingkungan) dan desa adat sudah memiliki bank sampah masing-masing pada 2019 kelak.

Melalui Program Kotaku dan didukung inisiasi badan keswadayaan masyarakat (BKM) setempat, kini sudah terbentuk bank sampah di enam desa atau kelurahan (dari 11 desa/kelurahan dampingan). Belakangan, tak sedikit bank sampah yang mulai dibentuk secara mandiri oleh kelompok masyarakat setempat.

DLHK Kabupaten Badung juga meluncurkan program inovatif untuk mengatasi permasalahan sampah. Sebut saja Gojek Sampah Plastik (Gotik), Badung Anti-Kantong Plastik (Batik), dan juga tukar plastik dengan buku (Plastbuk)--yang menyasar ke komunitas siswa sekolah--serta Generasi Anti Plastik (Genetik) yang melibatkan pramuka. [Bali]

Dokumentasi lainnya:

 

Penulis: Wayan Parwati, Koordinator Kota Badung, KMW/OSP Kotaku Provinsi Bali

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.