Beranda Warta Berita Program Kotaku Gelar Workshop BDC

Program Kotaku Gelar Workshop BDC

Berita BDC Workshop Comments (0) View (132)

Program Kota Tanpa Kumuh kembali menyelenggarakan pelatihan dalam bentuk Workshop Business Development Center (BDC). Upaya peningkatan kapasitas masyarakat tersebut adalah kali kedua digelar, setelah program pusat pengembangan usaha atau BDC hadir pada 2015 lampau. Workshop tersebut berlangsung di sebuah hotel di bilangan selatan Jakarta mulai Senin (22/10) hingga Rabu (24/10) ini.

Upaya pemberdayaan masyarakat melalui pembentukan pusat pengembangan bisnis itu sudah hadir di delapan provinsi di Tanah Air. Tepatnya, BDC ada di 15 kota kabupaten. Dalam pembukaan acara, Kepala Seksi Kawasan Permukiman Perkotaan Wilayah 1 Sub Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menegaskan pentingnya mengukur kemampuan bersama melalui pelatihan ini. "Termasuk apa saja langkah yang harus dilakukan agar BDC tetap hidup, dan akan kita bangun bersama-sama," kata Airyn Saputri Harahap.

Workshop yang dihadiri tak kurang dari seratus orang yang berasal dari kelompok swadaya masyarakat (KSM), pengelola, hingga komite BDC ini juga dihadiri sejumlah pejabat seperti Kepala Pejabat Pembuat Komitmen Wilayah 1 Martyanti Sianturi dan Kepala Urusan Pelaksanaan Pelaporan Wilayah 1 Dika Dwi Angga. Para peserta berasal dari Provinsi Lampung, Jawa Barat, Banten, Sumatra Selatan, Sumatra Barat, Sumatra Utara, hingga Provinsi Kalimantan Barat.

Antusias peserta BDC terlihat dari produk-produk unggulan yang mereka bawa untuk dipamerkan dalam acara tersebut. Beragam produk dari makanan dengan cita rasa yang lezat seperti ikan asin,  dodol,  kerupuk, kopi sampai busana seperti jaket kulit, batik,  songket, dan mukena dengan bordiran cantik tampak memenuhi meja pameran. Produk-produk tersebut dijual dengan harga yang bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Semua produk unggulan tersebut adalah hasil karya KSM yang kemudian dikelola oleh pengelola dan komite BDC. [KMP-1]


 

Penulis: Vhany Medina, Asisten Publikasi KMP Kotaku Wilayah 1

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.