Beranda Warta Cerita Tujuh Rumah di Yogyakarta Bakal Berganti Wajah

Tujuh Rumah di Yogyakarta Bakal Berganti Wajah

Kolaborasi Yogyakarta Comments (0) View (82)

Penghujung Oktober 2018 ini menjadi momentum paling membahagiakan buat tujuh kepala keluarga pemilik rumah di Rukun Warga 1, Kelurahan Purwokinanti, Provinsi Yogyakarta. Pasalnya jelas, tempat hunian mereka dinyatakan terpilih—dari 21 rumah yang terseleksi—memenuhi syarat Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) untuk berubah wujud, direnovasi kelayakannya melalui aksi kolaborasi Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Rencana rehabilitasi rumah yang sudah mendapat persetujuan serta dukungan Pemerintah Provinsi Kota Pelajar ini dipastikan bakal mengurangi luasan kumuh di lokasi target penanganan kumuh.

Kediaman ketujuh kepala keluarga tadi dinilai memenuhi keseluruhan indikator yang dibutuhkan untuk pelaksanaan renovasi rumah. Di antaranya, terletak di lokasi yang dinyatakan kumuh berdasarkan Surat Keputusan Kumuh pemerintah daerah setempat. Selain itu, di wilayah Purwokinanti ini pun tengah dilaksanakan pembangunan fisik infrastruktur dari anggaran Bantuan Dana Investasi (BDI) 2018. Misalnya pembangunan jalan lingkungan, drainase, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal, pengadaan air bersih, dan tata kelola persampahan wilayah. Wilayah Purwokinanti pun sudah memiliki peta rencana tapak, data, dan informasi kemajuan pembangunan fisik.

Berdasarkan survei, Purwokinanti—ketimbang Kelurahan Rejowinangun yang juga menjadi target—lebih memenuhi sejumlah syarat utama, termasuk indikator kebutuhan merehabilitasi rumah warga.  Sedianya, pembangunan rumah tersebut bakal didanai melalui rencana Kemitraan Pembiayaan Perumahan di Kawasan Kumuh Program National Slum Upgrading Program (NSUP) Kotaku dengan PT Sarana Multigriya Finance (SMF). Kesepakatan untuk berkolaborasi ini sudah dibahas dalam rencana kerja sama antara Program Kotaku, pemda setempat, dan PT SMF.

Sebagai Badan Usaha Milik Negara, PT SMF menjalankan instruksi Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk memberikan fasilitas pembiayaan perumahan. Khususnya buat RTLH di kawasan kumuh di Indonesia. Kolaborasi di Kelurahan Purwokinanti ini bakal menjadi lokasi pilot project rehabilitasi RTLH dari 32 kota atau kabupaten terpilih prioritas percepatan penanganan kumuh Direktorat Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. [Redaksi/USK FIC]

Dokumentasi lainnya:

 

Penulis: Tim Komunikasi KMP Program Kotaku

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.