Beranda Warta Cerita Lebih Dekat Mengenal BDC Program Kotaku

Lebih Dekat Mengenal BDC Program Kotaku

Cerita BDC Comments (0) View (91)

Business Development Center (BDC) merupakan salah satu kegiatan dalam Program Kotaku terkait penghidupan masyarakat. BDC yang ada di tingkat kabupaten/kota ini melakukan pengembangan produk unggulan atau usaha yang berpotensi untuk dikembangkan dan pendampingan kepada Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM). Diharapkan, lewat BDC, peningkatan daya beli masyarakat bisa terdorong, agar mampu memiliki perumahan yang layak dan menciptakan permukiman yang layak huni dan berkelanjutan.

BDC mempunyai peran dan fungsi sebagai lembaga untuk memberikan pelayanan dan penguatan kapasitas (capacity building), intermediasi bisnis dan advokasi kepada KSM dan stakeholders terkait. Hal tersebut dilakukan guna meningkatkan pengembangan usaha KSM, khususnya terkait omzet, keuntungan dan aset KSM sehingga usaha KSM mengalami peningkatan dan berdampak pada peningkatan pendapatan.

Pada tahun 2015, Program Kotaku Wilayah 1 menetapkan 15 kabupaten/kota di 8 provinsi sebagai pilot project BDC, antara lain di Provinsi Lampung: BDC Pringsewu, BDC Bandar Lampung, BDC Kota Metro. Provinsi Jawa Barat: BDC Intan Garut, BDC Amanah Sukapura Kota Tasikmalaya, BDC Pangandaran, dan BDC Bogor. Selain itu juga BDC Gemilang Kabupaten Tangerang (Banten), BDC Kajanglako Berjayo Kota Jambi (Jambi), BDC Angsoduo Pariaman (Sumatra Barat), BDC Pagar Alam (Sumatra Selatan), BDC Kota Medan (Sumatra Utara), dan BDC Zamrud Khatulistiwa Pontianak (Kalimantan Barat).

Masing-masing BDC mempunyai ciri khas tersendiri. BDC Intan Garut, misalnya, unggul dalam produk-produk yang terbuat dari kulit domba, mengingat Garut memang memiliki potensi dalam hal ternak domba. Kemudian, BDC Kota Tasikmalaya dengan kerajinan payung geulis, tas/dompet/sandal anyaman, dan cangkir batok kelapa. BDC Angsoduo Pariaman unggul dalam produk garmen (mukena, selendang) bordir cantik. BDC Pangandaran unggul dalam potensi ikan, membuat penganan berbahan ikan, seperti abon, cemilan, dan seterusnya.

Selain itu, ada juga BDC Gemilang dan BDC Pringsewu yang unggul dalam urusan inovasi, pengembangan jenis produk, serta kolaborasi bareng pemda setempat dan berbagai pihak. BDC juga masif mempromosikan diri di media sosial, mengembangkan sayap BDC sambil menjangkau masyarakat dampingannya. Antara lain, dengan cara meningkatkan kapasitas masyarakat menggelar pelatihan-pelatihan terkait pengembangan usaha dan produk, serta rajin mengikuti berbagai pameran dan bazaar agar produk dampingan BDC semakin dikenal luas. [Redaksi]

Dokumentasi lainnya:

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.