Beranda Warta Berita Kotaku Gowa Gelar Jambore One Day KPP

Kotaku Gowa Gelar Jambore One Day KPP

Berita Jambore Gowa Sulawesi Selatan Comments (0) View (306)

Mewujudkan permukiman layak, berkelanjutan, dan produktif adalah cita-cita yang melekat betul di benak para pelaku Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Berbekal hal tersebut, Tim Koordinator Kota Program Kotaku Kabupaten Gowa bersama Forum Daerah Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Kabupaten Gowa dan didukung pemerintah kabupaten setempat menyelenggarakan Jambore One Day Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara (KPP) se-Kecamatan Somba Opu, Provinsi Sulawesi Selatan, menjelang akhir Oktober silam. Acara yang digelar menjelang akhir Oktober silam tersebut dibuka Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo.

Agenda Jambore One Day dijadikan puncak acara yang dikemas untuk seluruh KPP supaya saling kenal dan belajar, hingga menumbuhkan komitmen bersama untuk memelihara kegiatan pembangunan di kelurahannya. Forum silaturahmi KPP tersebut dilaksanakan sehari semalam dan dihadiri seluruh KPP kelurahan dampingan Intervensi Bantuan Dana Investasi Kotaku dari 14 kelurahan. Total peserta dari KPP mencapai sekitar 400-an orang ditambah pimpinan kolektif.

Para peserta KPP adalah KPP Sehati - Kelurahan Pandang-Pandang, KPP Bontobiraeng - Kel. Katangka, KPP Das Je’ne Berang - Kel. Sungguminasa, KPP Kemakmuran - Kel. Tamarunang, KPP Menawan - Kel. Mawang, KPP D’Emba - Kelurahan Samata, dan KPP lainnya dari 14 kelurahan se-Kecamatan Somba Opu. Pimpinan kolektif BKM berasal dari se-Kecamatan Somba Opu dan Tim Korkot 04 Gowa, plus sejumlah kelompok swadaya masyarakat (KSM) dari Kelurahan Mawang, Bontoramba, Tamarunang, dan Kelurahan Samata. Diperkirakan, tak kurang dari 1.500 orang hadir di acara tersebut, termasuk masyarakat setempat sebagai pedagang kuliner dan penggembira.

Di kesempatan ini Tim Fasilitator Kelurahan menjadikan pertemuan sebagai momentum memperbaiki kelembagaan KPP. Mulai dari pengurus, sekretariat, hingga program kerja.  Setiap anggota yang hadir pun memiliki baju seragam penanda keanggotaannya sebagai KPP. Baju tersebut disiapkan pemerintah kelurahan sesuai kesepakatan desain dan warna masing-masing KPP. Baju itu buat dipakai di ajang lomba joget sehat, yel terbaik ala KPP, adu penataan tenda terbaik, dan beberapa agenda permainan lain. Di antaranya, lomba merangkai kata-kata yang berhubungan dengan pemeliharaan, penghargaan KPP Terbaik, KSM Pelaksana Infrastruktur Terbaik, dan Unit Pengelola Lingkungan (UPL) Terbaik. Lomba-lomba tersebut untuk memperkuat silaturahmi antar-KPP se-Kecamatan Sombaopu.

Ajang yang didukung penuh Pemkab Gowa ini juga menghadirkan sesi pemasangan pin Agen Perubahan buat seribu orang relawan perubahan di tingkat kelurahan. Selain itu ada penandatanganan komitmen para pihak untuk memelihara dan mengembangkan kegiatan pembangunan infrastruktur di kelurahan—yang dimulai Bupati Gowa Adnan, diikuti jajaran Sekretaris Daerah, wakil Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), anggota DPRD setempat, dan Satuan Kerja Perangkat Daerah terkait. Jambore One Day tersebut juga dihadiri wakil Kepolisian Resor Gowa, wakil Komandan Distrik Militer 1409 Gowa, wakil Pengadilan Negeri 1A Sungguminasa, wakil Kejaksaan Negeri Sungguminasa, Kepala Satuan Kerja Pembangunan Infrastruktur Permukiman Provinsi Sulsel Mustaba, Camat Somba Opu Indra Wahyudi Yusuf, lurah se-Kecamatan Somba Opu, perwakilan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibnas) se-Kecamatan Somba Opu, Forum Peduli Kotaku se-Kabupaten Gowa, serta tokoh agama, tokoh perempuan, dan tokoh pemuda se-Kecamatan Somba Opu. [Sulsel]

Dokumentasi lainnya:

 

Penulis: Nurliah Ruma, Koordinator Kota Gowa, OSP Kotaku Provinsi Sulawesi Selatan

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.