Tips Sederhana Pemasangan Jalan Beton

Artikel Infrastruktur Jalan Beton Tips Comments (0) View (440)

Pembangunan infrastruktur Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) yang wajib berstandar kualitas baik serta berfungsi adalah harga mati. Termasuk soal kualitas pembangunan jalan beton. Kali ini, kami akan menyampaikan sedikit informasi tentang tips pembuatan jalan beton yang benar.

Setidaknya ada empat hal yang harus diperhatikan sebelum membuat jalan beton. Pertama, sebelum pekerjaan dilaksanakan, pasang dahulu bouwplank, agar jalur beton lurus dan rapi. Kedua, campuran untuk jalan beton minimal menggunakan 1 PC : 2 Pasir : 3 Kerikil. Ketiga, sebelum dicor, diberi beton deker (beton tahu), agar wiremesh tidak rapat ke dasar saat pengecoran. Keempat, jangan lupa selimut beton dengan ketebalan memadai agar kualitas beton terjaga dan tidak cepat keropos.

Sebagai pengingat, infrastruktur yang berkualitas tinggi dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu, pertama, perencanaan teknis, seperti Detailed Engineering Design (DED) dan Rencana Anggaran Biaya (RAB), harus benar. Jika RAB dan DED berantakan, dipastikan kualitas infrastruktur akan berkualitas rendah. Kedua, DED harus didahului dengan adanya survei lapangan. Ketiga, penyusunan RAB sudah ada koridor di POS Infrastuktur. Untuk harga satuan mengacu kepada Permen PU No 28/2016, tapi di lapangan kondisinya ada kombinasi dengan harga setempat. Keempat, bahan atau material harus sesuai dengan kaidah/spesifikasi  teknis. Di DED sudah ada di Rencana Kerja dan Syarat (RKS). Kelima, mekanisme kerja harus sesuai dengan kaidah teknis. Keenam, intensitas pengawasan untuk meluruskan kesalahan atau penyimpangan teknis pada saat pelaksanaan. Ketujuh, coaching, Musyawarah Persiapan Pelaksanaan Konstruksi (MP2K), On Job Training (OJT) wajib dilaksanan sebelum KSM melaksanakan kegiatan fisik.

Nah, masih banyak lagi tips pembangunan infrastruktur dari Tim Kotaku. Ikuti terus artikelnya di website ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. [Redaksi/Tim Infra]

Dokumentasi lainnya:

0 Komentar