Beranda Warta Cerita Puluhan Fasilitator Kotaku Kepri Jalani Pelatihan Dasar

Puluhan Fasilitator Kotaku Kepri Jalani Pelatihan Dasar

Cerita Kepri Satker Comments (0) View (1350)

Pemberdayaan dan partisipatif dalam bentuk peran, tugas, serta kode etik menjadi dasar penting bagi para fasilitator tatkala terjun ke lapangan. Sebab dengan fondasi utama tersebut, setiap fasilitator baru akan mampu memahami konsep Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), konsep pemberdayaan, dan terampil memfasilitasi beragam kegiatan di tingkat masyarakat.

“Pelaksanaan Program Kotaku akan efektif jika menerapkan kerja sama tim dan membangun dinamika kelompok, sehingga terjalin komunikasi yang baik di semua level,” kata Kepala Satuan Kerja (Satker) Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) Provinsi Kepulauan Riau M. Zuherlan saat membuka acara Pelatihan Dasar Fasilitator Program Kotaku di sebuah hotel di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, yang diselenggarakan mulai 8-14 November silam.

Tepat sebanyak 24 orang fasilitator baru mengikuti pelatihan dasar yang menitikberatkan pada konsep motivasional tersebut. Materi pelatihan dikombinasikan antara pengetahuan, penyadaran kritis, dan keterampilan. Acara diawali dengan perkenalan para peserta dan panitia yang difasilitatori langsung Tenaga Ahli Sosialisasi dan Komunikasi Kepri Raziza. Usai perkenalan dan orientasi belajar, kegiatan materi di hari pertama diisi tentang konsep permukiman dan penanganan kumuh yang dipaparkan Tenaga Ahli Pelatihan Kepri Agus Kurniawan.

Kegiatan hari berikutnya mengupas ihwal Pemberdayaan dan Konsep Kolaborasi oleh Tenaga Ahli Financial Institutional and Collaboration Efendi Pangondo. Di hari ketiga, Tenaga Ahli Manajemen Keuangan Oriency memandu pembahasan mengenai gambaran umum dan tahapan pelaksanaan Program Kotaku. Keesokan harinya, Tenaga Ahli Urban Planner Indrawijaya membeberkan seluk beluk perencanaan kelurahan, mulai dari membangun visi kelurahan sampai dengan penyusunan Rencana Penataan Lingkungan Permukiman (RPLP). Dan di dua hari terakhir, pemaparan materi mengupas soal fasilitator perubahan dan revitalisasi badan keswadayaan masyarakat. [Satker Kepri]

Dokumentasi lainnya:

 

Penulis: Tim Satker PKP Provinsi Kepulauan Riau

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.