Beranda Warta Berita Puluhan Ahli Perencana Kota Dilatih Peningkatan Kualitas

Puluhan Ahli Perencana Kota Dilatih Peningkatan Kualitas

Berita Pelatihan Urban Planner Comments (0) View (110)

“Pekerjaan rumah” Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) belumlah selesai. Bahkan, jumlah luas kawasan permukiman kumuh yang harus dituntaskan mencapai sebesar 23.656 hektare dari total luasan kumuh nasional sebesar 38.431 Ha pada 2019. Berbekal beban yang masih belum tuntas itu, Sub Direktorat Kawasan Permukiman Perkotaan Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyelenggarakan Pelatihan Percepatan Perencanaan Peningkatan Kualitas bagi pelaku Program Kotaku di lapangan di tingkat nasional di Surabaya, Jawa Timur, mulai 29 November hingga 2 Desember mendatang.

Peserta pelatihan ini dikhususkan bagi 68 orang yang terdiri dari Tenaga Ahli Urban Planner (UP), Asisten Kota Bidang UP, dan Asisten Satuan Kerja (Satker) Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) Provinsi. Mereka bakal mengembangkan pemahaman mekanisme kegiatan infrastruktur Skala Kawasan (kota/kabupaten) dan meningkatkan keterampilan kapasitas pelaksanaan infrastruktur Skala Kawasan kepada pelaku Program Kotaku di daerah. Selain itu, peserta pun akan memiliki kemampuan pemahaman mekanisme dan pola penanganan kumuh di lokasi yang telah berhasil.

Kegiatan pelatihan ini memang difokuskan bagi para peserta yang belum mengetahui Prosedur Operasional Standar (POS) untuk Skala Kawasan dan belum memiliki referensi kegiatan Skala Kawasan yang baik. Berbekal itulah, kelak para peserta bisa terampil memfasilitasi POS Skala Kawasan. Atas dasar itulah wilayah prioritas yang hadir dalam pelatihan ini berasal dari Aceh, Sumatra Barat, Kepulauan Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Gorontalo.

Merujuk potret di lapangan, kegiatan penanganan kumuh dan tantangan di setiap kota atau kabupaten amatlah beragam, sesuai persoalan dan karakteristik masing-masing daerah. Termasuk tantangan yang berbeda pula sehingga capaian penanganan kumuh di setiap kota atau kabupaten tidak sama. Demi percepatan kegiatan penanganan kumuh tersebut, perlu dipelajari cara-cara penanganan permukiman kumuh dari lokasi yang telah berhasil.

Narasumber Pelatihan Percepatan Perencanaan Peningkatan Kualitas ini adalah Direktur PKP Dirjen Cipta Karya Kemen PUPR Didiet Arief Akhdiat, Kepala Sub Direktorat PKP Dirjen Cipta Karya Kemen PUPR sekaligus Kepala Project Management Unit (PMU) Program Kotaku Boby Ali Azhari, Kepala Satker Pengembangan Kawasan Permukiman Berbasis Masyarakat (PKPBM) Dirjen Cipta Karya Direktorat PKP Dirjen Cipta Karya Kemen PUPR Mita Dwi Aprini, serta Advisory dan Konsultan Manajemen Pusat Program Kotaku. Mereka akan hadir mendampingi para peserta di kurun waktu sepekan pelatihan. [Redaksi]

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.