Beranda Pustaka Pedoman, Juklak, POS POS Pengelolaan Informasi dan Masalah

POS Pengelolaan Informasi dan Masalah

POS PIM Kotaku Pengelolaan Informasi dan Masalah View (270)

Untuk memastikan dan mengendalikan tercapainya tujuan dan sasaran penanganan kawasan permukiman kumuh, diperlukan tindakan pemantauan (monitoring) dan evaluasi (evaluation) yang efektif dan efisien yang dituangkan dalam suatu “sistem pemantauan dan evaluasi (monev)”.

Sistem tersebut antara lain mencakup pengembangan website dan manajemen sistem informasi (SIM), uji petik, pemantauan pemerintah  melalui  sistem  e-­‐monitoring,  audit/pemeriksaan  inspektorat  dan  BPKP, pemantauan teknis, serta penanganan pengaduan atau dalam hal ini disebut Pengelolaan Informasi dan Masalah (PIM).

PIM menjadi salah satu bentuk pemantauan program yang bersifat pencegahan atau preventif dan penanganan. Pencegahan dilakukan melalui kajian risiko dan mitigasi di setiap tahapan penyelenggaraan program untuk mencegah timbulnya penyimpangan terhadap prosedur.

Penanganan dilakukan setelah adanya informasi atau pengaduan yang bersifat aspirasi, keluhan ataupun ketidakpuasan terhadap penyelenggaraan program, dan harus ditangani secepat dan setepat mungkin sehingga memperkecil dampak negatif yang menghambat penyelenggaraan dan keberhasilan program. Dalam hal ini, pengaduan harus dimaknai sebagai bentuk adanya kepedulian dan rasa kepemilikan masyarakat luas terhadap penyelenggaraan dan keberhasilan program.

POS PIM selengkapnya klik tautan ini atau klik gambar dibawah :

 

     Prosedur Operasional Standar (POS) lainnya :