Beranda Warta Artikel Praktik Baik Program Kotaku, Apakah Itu?

Praktik Baik Program Kotaku, Apakah Itu?

Artikel Praktik Baik Comments (0) View (136)

Mengisi Hari Capacity Building (CB) Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Selasa ini kami akan menginformasikan tentang "Praktik Baik". Apa yang dimaksud dengan Praktik Baik?

Praktik Baik, bisa juga diartikan dengan cerita sukses dari aktivitas di lokasi dampingan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), yang diharapkan bisa menjadi contoh pelaksanaan dan menginspirasi pihak lain.

Praktik Baik berarti kegiatan yang menghasilkan sesuatu bernilai unggul, terukur, berpengaruh positif terhadap program, sesuai dengan acuan program, inovatif dan kreatif, serta mempunyai peluang berkelanjutan. Perubahan di lapangan terlihat nyata, terjadi kolaborasi, berdampak terhadap pengurangan kumuh, menginspirasi dan bisa diterapkan/direplikasi di tempat lain. Menulis Praktik Baik membutuhkan ketelitian dan dikemasi secara menarik, padat, informatif dan mudah dipahami. Menulis tentang Praktik Baik berbeda dengan laporan kegiatan lapangan.

Apa saja yang tergolong Praktik Baik, antara lain, sebagai berikut. Pertama, adanya terobosan/inovasi yang dilakukan pelaku dalam kegiatan di Program Kotaku. Kedua, kegiatan yang dilakukan bermanfaat dan berdampak besar terhadap penerima manfaat, khususnya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Ketiga, Adanya kiprah dan kepedulian yang begitu besar dari pelaku dan kelompok peduli, yang bisa dijadikan contoh/inspirasi dan dapat diimplementasikan/direplikasikan di tempat lain. Keempat, kegiatan yang dilakukan masih berlangsung atau berkesinambungan.

Minggu depan kami akan berbagi tips mengenai cara menulis Praktik Baik. Silakan ikuti terus medsos (Instagram, Facebook, dan Twitter) Kotaku Nasional. Silakan juga membaca contoh tulisan Praktik Baik di media online Kotaku: http://kotaku.pu.go.id/web-index/76 . [Redaksi]

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.