Beranda Warta Artikel Kolaborasi Bersama Kotaku, Nilai Tambah bagi Stakeholder

Kolaborasi Bersama Kotaku, Nilai Tambah bagi Stakeholder

Artikel Kolaborasi CSR Comments (0) View (260)

Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) menangani kumuh dengan membangun platform kolaborasi melalui peningkatan peran pemerintah daerah dan partisipasi masyarakat. Seperti telah dibahas sebelumnya dalam tulisan “Kolaborasi Siapa Mitra dan Apa Nilai Tambahnya”, ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang Kolaborasi Kotaku. Antara lain, tentang “Mitra” dan “Nilai Tambah” Kolaborasi Kotaku.

Mitra Kotaku adalah organisasi yang menawarkan solusi dalam penanggulangan kemiskinan dan penanganan kumuh. Program Kotaku telah menjalin kerja sama dengan banyak universitas di Indonesia, perusahaan swasta, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), kementerian lembaga, pemda, kelompok peduli, dan individu terpercaya. Ada tiga parameter yang menjadi pertimbangan dasar Kotaku dalam menjalin kemitraan: pertama, kesepahaman dalam tujuan meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di permukiman kumuh perkotaan untuk mendukung terwujudnya permukiman perkotaan yang layak huni, produktif dan berkelanjutan. Kedua, komitmen dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin. Ketiga, komitmen dalam mewujudkan kota tanpa kumuh.

Selanjutnya, nilai tambah berkolaborasi dalam mewujudkan kota tanpa kumuh adalah sebagai berikut: pertama, meningkatkan citra positif. Kedua, membangun jejaring yang sinergi. Ketiga, tanggung jawab sosial diimplementasikan secara nyata dan berkelanjutan. Keempat, dipublikasikan melalui berbagai media Program Kotaku dan mendapatkan perhatian khalayak dari daerah hingga pusat—setidaknya, di 11.067 desa/kelurahan, 269 kabupaten/kota, di 34 provinsi seluruh Indonesia. Kelima, berkontribusi dalam pencapaian target RPJMN.

Sedangkan nilai tambah bagi masing-masing stakeholder: CSR (swasta), perguruan tinggi, pemda, dan masyarakat, adalah sebagai berikut.

Nilai tambah bagi CSR, pertama, kolaborasi dengan Kotaku memberi ruang leluasa bagi CSR bergerak. Komitmen CSR bisa dikemas dalam bentuk program-program pengembangan masyarakat yang berorientasi pada peningkatan kualitas kehidupan masyarakat dan lingkungan. Kedua, CSR akan berkontribusi menjadi mitra dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat secara signifikan dengan menjaga keseimbangan dari 3P (Profit, People, Planet) serta membangun hubungan harmonis antara pemerintah, perusahaan, dan masyarakat. Ketiga, dukungan CSR mewujudkan komitmen perusahaan sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas pasal 74 mengenai Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

Nilai tambah bagi perguruan tinggi: Pertama, meningkatkan citra positif perguruan tinggi di kalangan stakeholders. Kedua, membangun sinergi lembaga pendidikan dengan stakeholders untuk keberlanjutan operasional perguruan tinggi. Ketiga, Tridarma Pendidikan Tinggi: pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat diimplementasikan secara nyata dan berkelanjutan. Keempat, menjadikan perguruan tinggi sebagai tolok ukur institusi modern-tradisional dengan manusia cerdas secara intelektual, emosi, dan spiritual yang memiliki kepedulian sosial.

Adapun nilai tambah bagi pemda dalam melakukan kolaborasi bersama Kotaku: Pertama, melaksanakan wujud tanggung jawab dan pengabdian aparatur pemerintah terhadap warga dan meningkatkan citra positif kepala daerah di kalangan warga. Kedua, meningkatkan citra positif OPD/dinas di kalangan stakeholders dan warga. Ketiga, membangun sinergi OPD/dinas dengan OPD/dinas lain dan stakeholders untuk keberlanjutan operasional OPD. Keempat, mendapatkan model penanganan Gerakan 100-0-100 di wilayahnya.

Sedangkan nilai tambah bagi warga/masyarakat berkolaborasi dalam Kotaku: Pertama, meningkatkan citra positif diri di kalangan warga. Kedua, membangun relasi sosial diri dengan warga lain untuk membangun kearifan dan solidaritas sosial demi keberlanjutan hidupnya. Ketiga, mewujudkan tanggung jawab, pengabdian, dan pengorbanan terhadap sesama dan Sang Pencipta.

Ikuti terus informasi di website ini terkait materi lainnya. [Redaksi]

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.