Beranda Warta Berita Selamat Datang Technical Management Consultant

Selamat Datang Technical Management Consultant

Berita Satker PKPBM TMC Comments (0) View (1523)

Tim Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Wilayah 2 bergerak cepat untuk mengurangi luasan kumuh di wilayah dampingan. Strateginya adalah dengan memobilisasi Technical Management Consultant (TMC), yang ditandai dengan pembekalan kepada TMC 4, 5, TMC 6 sebanyak sembilan orang di Ruang Rapat Kantor Satuan Kerja (Satker) Pengembangan Kawasan Permukiman Berbasis Masyarakat (PKPBM) di bilangan Jakarta Pusat, Rabu (19/12). Kegiatan pembekalan TMC yang terdiri dari Team Leader, Infrastructure Specialist, dan Safeguard Specialist itu dibuka Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Wilayah 2 Mokhammad Fakhrur Rifqie.

Pembekalan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai tugas TMC. Termasuk mengupas pola relasi dengan pelaku lainnya seperti pemerintah daerah, tim koordinator kota, atau Oversight Service Provider atau OSP (Konsultan Manajemen Wilayah - KMW). Dan yang tak kalah penting adalah meningkatkan pemahaman konsep dan tahapan, serta capaian kegiatan hasil Skala Kawasan di setiap kota atau kabupaten.

Menurut Fakhrur Rifqie, pembekalan TMC bertujuan untuk memastikan gambar dan desain teknik (DED) dari subproyek infrastruktur Skala Kawasan siap untuk proses konstruksi. Dan yang utama adalah harus memenuhi kriteria kesiapan pengentasan kumuh, yang berdampak besar bagi pengentasan kumuh serta pencapaian target 7 + 1 indikator kumuh. Tujuan lainnya adalah sebagai pengamanan terhadap perlindungan lingkungan dan sosial (social and environment safeguards) melalui identifikasi, persiapan, dan implementasi proyek.

Lewat pembekalan TMC, Fakhrur Rifqie menambahkan, pelaku Program Kotaku justru membantu panitia pengadaan (Kelompok Kerja Unit Layanan Pengadaan - ULP) Skala Kawasan untuk memungkinkan pelaksanaan proses yang tepat waktu dan transparan. Di sisi lainnya, Project Management Unit atau Satker PKPBM, atau PPK Pusat dan Satker provinsi dapat mudah mengelola kontrak konstruksi di tingkat kota. Di masa mendatang TMC juga diharapkan mampu mengawasi kegiatan konstruksi untuk menjamin pelaksanaan kegiatan infrastruktur Skala Kawasan yang sesuai anggaran dan sesuai standar kualitas yang ditetapkan.

Secara umum ruang lingkup kegiatan TMC memang mencakup sejumlah hal. Mulai dari verifikasi DED Skala Kawasan yang disiapkan pemda yang sesuai kelayakan standar teknis, memastikan pengamanan dampak lingkungan dan sosial terpenuhi, membantu menyiapkan dokumen pengadaan, serta melaksanakan supervisi pekerjaan fisik Skala Kawasan. Selain itu TMC pun berkewajiban melakukan konsolidasi database dan membantu kegiatan alih kelola aset ke pemda wilayah dampingan.

Wilayah kerja Region TMC 4 terdiri dari Provinsi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Sementara Region TMC 5 meliputi wilayah Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur. Sedangkan Region 6 terdiri dari Sulawesi Utara,  Gorontalo,  Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Selain tugas dan fungsi, pembekalan TMC kali ini pun membahas materi konsep dan tahapan Skala Kawasan. Selain itu dikupas pula perihal konsep dan tahapan Skala Kawasan serta capaian progres Skala Kawasan setiap kota atau kabupaten ditilik dari isu dan persoalannya sebagai rujukan penyusunan rencana kerja TMC. [KMP-2]

 

Penulis: H. Imanudin, SAg., Tim Pelatihan KMP Kotaku wil. 2

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.