Beranda Warta Berita Dievaluasi, Perencanaan Program Kotaku 2018 Aceh Besar

Dievaluasi, Perencanaan Program Kotaku 2018 Aceh Besar

Aceh Aceh Besar Berita Comments (0) View (301)

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh menggelar Lokakarya dan Evaluasi Perencanaan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) 2018. Acara yang dilaksanakan di Gedung Sekretariat Panitia Penyelenggara Pekan Olahraga Aceh (PP-Pora) pada pertengahan Desember tersebut dihadiri sedikitnya 80-an orang peserta, dan dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Besar Iskandar.

Mereka berasal dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang tergabung dalam Kelompok Kerja (Pokja) Perumahan Kawasan Permukiman (PKP), Satuan Kerja (Satker) PKP Aceh, Konsultan Manajemen Wilayah Aceh, Tim Asisten Kota Mandiri Program Kotaku, perwakilan dunia usaha yang berada di kawasan Kabupaten Aceh Besar, wakil Camat Krueng Barona Jaya, seluruh geuchik (kepala desa) di Kecamatan Krueng Barona Jaya, dan perwakilan badan keswadayaan masyarakat (BKM) se-Kecamatan Krueng Barona Jaya.

Iskandar meyakini, denyut nadi Program Kotaku adalah kolaborasi. Lantaran itu pula, Pemkab Aceh Besar tak akan berhenti berupaya maksimal menuntaskan persoalan lingkungan yang ada, terkait tujuh indikator kumuh dengan 19 parameter. Kehadiran dunia usaha di wilayah tersebut pun diharapkan terlibat langsung kolaborasi menuntaskan permasalahan dengan target bersama. Yakni, Kabupaten Aceh benar-benar menjadi 0 persen kumuh pada 2019. Khususnya untuk wilayah Kecamatan Krueng Barona Jaya yang tercatat melalui Surat Keputusan Bupati Aceh Besar Tahun 2016 memiliki area kumuh seluas 114,7 hektare dari 190,5 Ha luas keseluruhan areal kabupaten. Sisa wilayah kumuh lainnya tersebar di lima kecamatan lainnya di Kabupaten Aceh Besar.

Pertemuan kali ini juga menjadi momentum serah terima secara simbolis dokumen Rencana Penataan Lingkungan Permukiman (RPLP) hasil review 2018 dari BKM Ikhlas Sejahtera kepada Bappeda Kabupaten Aceh Besar. Menurut Sekretaris Bappeda Zakaria, RPLP tersebut adalah

satu tahapan untuk dapat terintegrasi ke dalam dokumen perencanaan tingkat kabupaten periode 2019. Setelah pertemuan ini, nantinya akan dilakukan pertemuan lanjutan terkait penyepakatan numerik Baseline 100-0-100 sebagai lampiran dalam review SK BUPATI Tahun 2016 tentang Luasan Kumuh Kabupaten Aceh Besar.

Iskandar juga mensosialisasikan Rancangan Qanun (peraturan daerah) Kumuh. Sedianya, Qanun Kumuh akan dimasukkan sebagai rencana tindak lanjut pelaksanaan penanganan kumuh pada 2019. [Aceh]

Dokumentasi:

 

Penulis: Maya Keumala Dewi, Asisten Kota Mandiri Kabupaten Aceh Besar, KMW Kotaku Provinsi Aceh

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.