Beranda Warta Cerita Merombak Kawasan Pancuran Gerobak

Merombak Kawasan Pancuran Gerobak

Cerita Sumatra Utara Sibolga Infrastruktur Pengelolaan Sampah Comments (0) View (206)

Bila mengingat masa silam, banjir dengan ketinggian satu meter mungkin sudah lazim di wilayah Kelurahan Pancuran Gerobak, Kecamatan Sibolga Kota, Provinsi Sumatra Utara. Maklum saja, drainase di areal yang berada di bawah permukaan air laut itu acap penuh dengan tumpukan sampah. Permukiman padat penduduk itu bakal tergenang bila sampah sudah memenuhi parit lingkungan, pasang air laut, dan curah hujan yang tinggi. Kebetulan, lokasi Pancuran Gerobak pun berada di hilir daerah perbukitan. Tak pelak, kumpulan curahan air dan sampah sempurna berkumpul di sana.

Untunglah bersama Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ada perencanaan perubahan perbaikan penataan lingkungan ke arah yang lebih baik. Di antaranya mulai dari kondisi kualitas jalan lingkungan yang rusak dan belum memiliki drainase yang memadai, serta tata kelola sampah penyebab banjir. Pemasangan handrail sepanjang 37 meter pun dilakukan di jalan lingkungan yang terletak di areal menanjak dan menurun, demi keamanan pengguna.

Melalui pemanfaatan anggaran Bantuan Dana Investasi Tahun Anggaran 2018 Tahap I Sebesar Rp 109.459.000 ditambah urunan warga dengan total sebanyak Rp 111.309.000, Kelompok Swadaya Masyarakat 1 membangun bak sampah lingkungan dan jalan beton berdrainase sepanjang 122 meter. Di saat yang sama pun dibentuk Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara (KPP) termasuk menggalakkan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Penerima manfaat langsung dari pembangunan ini adalah 54 kepala keluarga. [Sumut]

Dokumentasi lainnya:

 

Penulis: Nurhalimah Nasution, Asisten I & C Koordinator Kota 04 Sibolga-Padangsidimpuan, OC/KMW Kotaku Provinsi Sumatra Utara

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.