Beranda Warta Cerita Masalah Jalan dan Sanitasi Tuntas di Wanasigra

Masalah Jalan dan Sanitasi Tuntas di Wanasigra

Cerita Jawa Barat Ciamis Infrastruktur Comments (0) View (84)

Harapan sebagian warga Dusun Cimamut, khususnya Rukun Tetangga 004 Rukun Warga 001, boleh jadi tak berlebihan. Menahun sudah areal itu acap berbenturan dengan fakta fasilitas jalan lingkungan yang rusak, jamban tak terawat, tak ada bak penampung air limbah rumah tangga (septic tank), dan akses sarana air bersih. Dusun yang termaktub di Surat Keputusan Bupati Nomor 648/kpts.737-Huk/2014 yang direvisi dengan SK No.648/KPTS.501-HUK/2016 dengan luas 6,1 hektare—bersama Dusun Sukasari—itu memang membutuhkan bantuan serius. Untunglah, Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis bersama masyarakat tak mau berlama lagi berpangku tangan. Mereka urun rembuk bergandeng tangan bersama Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) menangani persoalan pelik permukiman di di Desa Wanasigra, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat tersebut.

Anggaran pembangunan fasilitas buat warga Dusun Cimamut diambil dari Bantuan Dana Investasi (BDI) Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) Program Kotaku sebesar Rp 300 juta. Dana di bawah pengelolaan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Wanasigra tersebut dialokasikan untuk pembangunan jalan rabat beton, fasilitas mandi cuci kakus (MCK), sumur bor, dan bak penampung air limbah rumah tangga (septic tank).

Dalam pelaksanaannya, jalan lingkungan berkonstruksi rabat beton dibangun sepanjang 419 meter dengan memanfaatkan lahan berstatus izin dilewati. Dana yang didapat dari anggaran BDI 2018 mencapai sebesar Rp 106.500.000, ditambah swadaya warga sebanyak Rp 9.219.000. Ruas jalan lingkungan itu dimanfaatkan oleh 40 kepala keluarga, atau setara sekitar 108 jiwa.

Pembuatan jalan itu tentu bermanfaat maksimal bagi warga setempat. Ruas jalan memadai dan nyaman untuk dilalui baik pejalan kaki maupun kendaraan roda dua dan empat. Jalan tersebut juga menjadi akses utama sektor ekonomi dan pertanian sehingga memengaruhi pertumbuhan penghidupan masyarakat sekitarnya.

Pembangunan infrastruktur penting lainnya di Dusun Cimamut adalah MCK, septic tank, dan sumur bor air bersih, dengan memanfaatkan lahan dengan status hak guna pakai.  Pembangunan masing-masing satu unit MCK, septic tank, dan sumur bor tersebut memanfaatkan BDI sebanyak Rp 100 juta dengan swadaya sebesar Rp 12.446.000. Penerima manfaat dari pembangunan fasilitas itu adalah 13 KK dengan 46 jiwa sebagai pemanfaat langsung. Sarana air bersih diakui amat bermanfaat di kala kemarau tiba.

Pembangunan infrastruktur fasilitas umum tadi menginspirasi Pemda Desa Wanasigra. Mereka kembali merogoh kocek dari dana Anggaran Pendapat dan Belanja Daerah (APBD) Desa Wanasigra Tahun Anggaran 2018 sebesar Rp 50 juta untuk renovasi pos pelayanan terpadu (posyandu) dan fasilitas umum lainnya seperti tembok penahan tanah (TPT) di areal tertentu.

Kemitraan sejajar terbukti menjadi kenyataan. Pemda Desa Wanasigra beraksi menjadi nakhoda penanganan kumuh. Sementara BKM menjadi motor penggerak forum kolaborasi bersama masyarakat, untuk tujuan bersama: mencapai 0 Ha kumuh di Wanasigra, mulai dari Dusun Cimamut. Sukses! [Jabar]

 

Penulis: Sifa Laila, Fasilitator Sosial Tim 1 Ciamis, KMW Kotaku Provinsi Jawa Barat

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.