Kita Harus Seperti “Flash Gordon”

Kasatker PKPBM Rapat Koordinasi Comments (0) View (550)

Tahun ini, 2019, tantangannya begitu hebat. Maka, kita harus seperti “Flash Gordon”. Begitu disampaikan Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Penataan Kawasan Permukiman Berbasis Masyarakat (PKPBM) Mita Dwi Aprini dalam rapat bersama dengan Tim Advisory, KMP Kotaku wil. 1 dan KMP Kotaku wil. 1, di Jakarta, pada Jumat (4/1). Selain itu, menurut Mita, tahun ini kita harus melakukan pekerjaan ini dengan cara-cara yang tidak biasa, dan harus punya inovasi. “Karena kalau hanya dilakukan dengan cara-cara yang biasa maka hasilnya ya biasa saja,” katanya.

Kasatker yang dikenal sangat dekat dengan tim konsultan ini menegaskan bahwa tahun ini kita harus lebih fokus ke permukiman kumuh dan penataan kawasan. Menurutnya, masih banyak pula isu-isu yang harus menjadi fokus berkaitan, antara lain, kelembagaan di pemda dan masyarakat, kualitas dokumen perencanaan, baseline data, dan pemeliharaan yang telah dikerjakan di PNPM. “Seperti dana bergulir, yang bisa menjadi salah satu aset untuk mengerjakan Program Kotaku,” ujar Mita

Tak kalah penting, menurut wanita muda yang enerjik ini adalah pembinaan terhadap tim, provinsi, dan Tim Korkot serta fasilitator. KMP harus bisa meningkatkan kapasitas dan membuat teamwork yang baik, sehingga mereka optimal dalam pendampingan. “Karena, mereka adalah ujung tombak di lapangan.” lanjutnya.

Di akhir rapat, Mita menegaskan bahwa secepatnya harus dilakukan pembekalan kepada Tim OSP/OC, karena ini sangat penting untuk membangun tim. Dalam pembekalan itu, Mita mengatakan, perlu dibahas dan clear dalam perencaaan di awal, sehingga kita bisa maksimal dalam mengendalikan “Master Schedule”.

“Jadwal (master shedule) ini harus diajdikan alat pengendali, bukan hanya monitoring, melihat, mencatat, melakukan rekomendasi dan melaporkan,” tandasnya. [KMP-2]

0 Komentar