Beranda Warta Artikel Tentang Pengelolaan Persampahan dalam Program Kotaku

Tentang Pengelolaan Persampahan dalam Program Kotaku

Infrastruktur Artikel TPS TPST TPS3R Comments (0) View (702)

Hari ini kami menyampaikan informasi terkait Pengelolaan Persampahan. Apa saja yang perlu diketahui tentang persampahan, kita kupas di bawah ini.

Tentang persampahan diatur berdasarkan kebijakan pemerintah melalui, pertama, UU No. 18/2008 disebutkan mengenai mengedepankan pengurangan sampah, penutupan semua Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) open dumping pada tahun 2013, dan monitoring kualitas lingkungan pascapenutupan TPA sampai 20 tahun.

Kedua, Permen PU No. 21/PRT/2006 terkait peningkatan cakupan layanan dan kualitas pengelolaan.

Ketiga, PP No. 81/2012 tentang setiap orang wajib melakukan pengurangan dan penanganan sampah, serta pemerintah kabupaten/kota menyediakan fasilitas pengolahan sampah, antara lain berupa TPS 3R atau Tempat Pengelolaan Sampah Reuse (menggunakan kembali), Reduce (mengurangi), dan Recycle (daur ulang).

Keempat, Permen PU No. 3/2013 tentang pemilahan sampah dilakukan oleh (1) setiap orang pada sumbernya; (2) Pengelola kawasan permukiman, kawasan komersial, kawasan industri, kawasan khusus, fasilitas umum, fasilitas sosial, dan fasilitas lainnya; (3) Pemerintah kabupaten/kota

Dalam kegiatan pengelolaan sampah ini ada yang disebut dengan Tempat Penampungan Sementara (TPS), Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) dan TPS 3R. Nah, di Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), contoh TPST ada di Sidoarjo, sedangkan contoh TPS 3R ada di Gampong Daulat Langsa.

Apa saja yang dimaksud dengan TPS, TPST dan TPS 3R lebih jauh, pekan depan kita jelaskan. Jadi, simak terus informasinya di medsos ini, ya. [Redaksi]

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.