Aplikasi Pengelolaan Informasi dan Masalah (PIM)

Aplikasi PIM PIM Comments (0) View (3254)

Dalam mewujudkan amanah UUD 1945 pasal 28 E (3): Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat, dalam tatanan demokrasi dan keterbukaan tentu tidak hanya terjadi dalam kehidupan politik melainkan juga pada bidang-bidang kehidupan lainnya seperti di bidang pelayanan publik. Hal ini tidak lain karena kinerja pemerintah salah satunya diukur dari kemampuannya menyediakan layanan publik yang efisien, efektif dan akuntabel bagi seluruh masyarakat, terutama masyarakat miskin dan kurang beruntung.

Salah satu wujud praktik demokrasi dalam pelayanan publik adalah memberi kesempatan pada masyarakat untuk menyampaikan keluhan (complaint) atau pengaduan mana kala pelayanan yang diterimanya tidak sesuai dengan harapan atau tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan oleh pemberi layanan, sebagaimana yang tercantum dalam Peraturan Presiden No. 76 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik pada Pasal 2 Ayat 1: Pengadu mempunyai hak untuk menyampaikan pengaduan atas pelayanan pelaksana yang tidak sesuai dengan standar pelayanan atau pengabaian kewajiban dan/atau pelanggaran larangan oleh penyelenggara.

Untuk memastikan dan mengendalikan tercapainya tujuan dan sasaran penanganan kawasan permukiman kumuh, diperlukan tindakan pemantauan (monitoring) dan evaluasi (evaluation) yang efektif dan efisien yang dituangkan dalam suatu “sistem pemantauan dan evaluasi (monev)”. Sistem tersebut antara lain mencakup manajemen sistem informasi (SIM) berupa aplikasi penanganan pengaduan atau dalam hal ini disebut Aplikasi Pengelolaan Informasi dan Masalah (PIM).

Agar Sistem Informasi Manajemen (SIM) PIM berjalan sesuai dengan harapan maka dibutuhkan komponen-komponen utama (subsistem) yang saling berhubungan dan tidak dapat dipisahkan komponen satu dengan komponen lainnya dari SIM PIM meliputi; Aplikasi, Database, Prosedur Operasional Standar (POS), Format Input Manual, Pelaku SIM PIM, dan perangkat keras (server).

AKSES KE APLIKASI PIM

User yang masuk sebagai pelaku (Database HRM) yang terdaftar sebagai pemakai aplikasi, dapat membuka aplikasi sesuai penugasan yang telah didefinisikan dalam system manajemen user.

Kedalaman akses data, informasi dan aplikasi, berbeda untuk setiap user disesuaikan dengan tingkatan user.

Untuk mengakses aplikasi PIM, klik pada tautan ini atau klik gambar dibawah.

 

Konten terkait :

 

Pengaduan online

 

 

Laporan PIM

 

 

Database Pengaduan

 

 

SMS/WA Pengaduan

 

 

FAQ PIM

 

 

 

 

0 Komentar