Beranda Warta Cerita Dari Kotaku buat Kastawi

Dari Kotaku buat Kastawi

Cerita Jawa Timur Malang Batu Infrastruktur Rehab RTLH Comments (0) View (259)

Kediaman Kastawi di Rukun Tetangga 04 Rukun Warga 11 sama sekali tak menggambarkan rumah yang sehat dan layak huni. Dari bagian luar tampak dinding lembab, yang sebagian di antaranya tertutup hijau lumut, karena tak terlapis dengan baik. Beberapa kusen kayu pun tak lagi kuat menjadi pegangan jendela rumah dimakan keropos. Di bagian dalam, suasana tak lebih baik lagi. Banyak genangan air di berbagai penjuru rumah karena sebagian besar atap sudah rusak dan bocor. Pencahayaan pun terlihat minim lantaran ventilasi yang terbatas. Dingin dan lembab, pastinya.

Kediaman Kastawi adalah satu dari sejumlah hunian di Dusun Sukorembug, Desa Sidomulyo, yang berada di ketinggian 850 meter di atas permukaan laut. Sudah lama dia menantikan uluran tangan untuk memperbaiki rumah yang terletak di desa di kawasan Batu, Malang, Jawa Timur dengan luas 270,82 hektare dan terdiri dari 50 RT dan 12 RW itu. Desa dengan mayoritas penduduk yang bermata pencaharian sebagai petani bunga itu hanya berjarak tiga kilometer dari pusat pemerintahan kecamatan dan pusat Kota Batu.

Berbagai upaya mencari bantuan rehabilitasi rumah sudah dilakukan Kastawi sekeluarga. Termasuk menggandeng RT dan RW setempat dengan mengajukan penataan ulang rumah menjadi kediaman yang lebih sehat dan layak huni ke Pemerintah Desa Sidomulyo. Bantuan tadi lumrah karena kini sang kepala keluarga—yang sebelumnya menjadi buruh di lahan pertanian bunga dengan penghasilan pas-pasan untuk makan sehari-hari—hanya bisa terbaring pascakecelakaan beberapa tahun silam.

Pucuk dicinta ulam pun tiba. Peluang rehabilitasi hadir setelah warga setempat mengajukan penggunaan dana ke Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Sidomulyo Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Berbagai persiapan dilakukan, dari kelengkapan proposal pengajuan dana hingga kepanitiaan pelaksanaan rehabilitasi rumah Kastawi.

Singkat kisah, BKM mengucurkan dana sebesar Rp 10 juta dari kinerja sukses Unit Pengelola Keuangan (UPK) Program Kotaku yang mengalokasikan dana bantuan penataan lingkungan dan sosial setempat. Uang tersebut dikolaborasikan dengan swadaya masyarakat, mulai dari warga, RT, RW, hingga BKM.

Kini Kastawi tersenyum haru bahagia. Sorot mata lelaki paruh baya itu tak lagi sayu, karena tak ada lagi beban berat melindungi keluarga dari langit-langit rumah yang bocor di sana sini. Meski bantuan itu hanya secuil, dari Program Kotaku buat seorang Kastawi. [Jatim]

Dokumentasi lainnya:

 

Penulis: Tim Kotaku Kota Batu, Malang, OSP Kotaku Provinsi Jawa Timur

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.