Beranda Warta Cerita Lurah Aek Manis: Pendekatan Manusiawi Lebih Diterima

Lurah Aek Manis: Pendekatan Manusiawi Lebih Diterima

Cerita Sumatra Utara Sibolga Comments (0) View (287)

Setiap pembangunan yang direncanakan adalah semata untuk kemaslahatan masyarakat. Kepastian itulah yang berulang digarisbawahi Kepala Kelurahan Aek Manis Mustahiddin Panggabean. Lantaran itulah dia berkeyakinan betul, bahwa asas kekeluargaan adalah gerbang awal sosialisasi rencana pembangunan penataan kawasan penanganan kumuh, khususnya di Kelurahan Aek Manis, Kecamatan Sibolga Selatan, Kota Sibolga, Sumatra Utara. “Pendekatan manusiawi lebih diterima. Tak perlu ada yang berkeras diri,” kata Mustahiddin.

Pernyataan Sang Lurah itu menengarai kiprah badan keswadayaan masyarakat (BKM) dan fasilitator Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) serta jajaran pemerintah kelurahan yang sukses merangkul masyarakat setempat. Pendekatan kekeluargaan membuahkan hasil saat pembangunan drainase dan saluran pembuangan limbah bersinggungan dan terpaksa memapas sebagian bangunan rumah warga. Pembangunan itu dilaksanakan dua kelompok swadaya masyarakat (KSM) dengan anggaran Bantuan Dana Investasi (BDI) Program Kotaku sebesar Rp 361.500.000.

Mustahiddin mencatat, awal 2019 menjadi momentum penting buat Kelurahan Aek Manis. Saat itulah kekhawatiran limpasan air parit di depan rumah tinggal kenangan berkat saluran drainase. Bahkan, bangunan yang selama ini didirikan di atas parit tadi pun sudah tak ada lagi. Sekarang aliran air sudah normal di Kelurahan Aek Manis. Menurut Mustahiddin, hal itu menjadi bukti pembangunan sesuai kebutuhan bakal mendapat dukungan penuh masyarakat, termasuk perilaku hidup bersih sehat (PHBS). Aek Manis membuktikannya. [Sumut]

 

Penulis: Nurhalimah Nasution, Asisten I&C, Tim Korkot 04 Sibolga-Padangsidimpuan, OC Program Kotaku Provinsi Sumatra Utara

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.