Beranda Warta Berita Gotong Royong Suryatmajan Masyhur Hingga Negeri Seberang

Gotong Royong Suryatmajan Masyhur Hingga Negeri Seberang

Berita Yogyakarta Suryatmajan AIIB Kunjungan Lapangan Comments (0) View (561)

Kekompakan Kelurahan Suryatmajan, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta yang bergotong royong, bahu membahu membangun kampung, menata lingkungan mengubah wajah kampung menjadi asri, bersih dan indah, rupanya masyhur hingga ke negeri seberang. Perilaku baik warga tersebut membuat penasaran Tim Asian Infrastructure Invesment Bank (AIIB) yang berkedudukan di Beijing, Republik Rakyat Tiongkok, untuk berkunjung dan berdialog dengan warga Suryatmajan, pada Jumat (22/2), hari ini.

Tak tanggung-tanggung, sejumlah orang penting di AIIB berkunjung langsung ke Kelurahan Suryatmajan. Sebut saja, Vice President Policy & Strategy AIIB Joachim von Amsberg, Director General Investment Operation Department I AIIB Supee Teravaninthorn, dan Director General Investment Operation Department III AIIB Dong Ik Lee, didampingi pula oleh Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Ekonomi Makro dan Keuangan Internasional Andin Hadiyanto. Begitu tiba di Suryatmajan, Tim AIIB disambut dengan musik tradisional, menggunakan alat musik tradisional, membuat para tamu berdecak kagum.

Pemaparan oleh Kepala Satker Penataan Kawasan Permukiman Berbasis Masyarakat (PKPBM) Mita Dwi Aprini tentang sekilas Program Kotaku—sebagai pendamping pelaksanaan peningkatan kualitas permukiman di Kelurahan Suryatmajan—dan presentasi profil oleh Koordinator BKM Kelurahan Suryatmajan Adik Al Fajar, juga mampu memukau rombongan. Mereka mendengarkan secara saksama dan antusias penjelasan demi penjelasan semua pembicara. Tak cukup sampai di situ, Tim AIIB juga mengunjungi lokasi penataan yang terletak di bantaran Kali Code.

Tim AIIB beramah tamah dengan warga Kelurahan Suryatmajan. Mereka berdialog dan tanya jawab, bahkan mencoba makanan ringan yang dijual oleh warga. Salah satu hal yang paling membuat Tim AIIB terkagum adalah kesediaan warga Suryatmajan melakukan konsep pembangunan “Mundur, Munggah, Madhep Kali” di sepanjang bantaran Kali Code. Konsep ini dilakukan dengan “memundurkan” (memapas) bangunan rumahnya selebar 2 sampai 3 meter, “menaikkan” rumah menjadi multilantai, lalu menghadapkan pintu utama ke arah kali.

“Bagaimana Anda bisa meyakinkan warga untuk bersedia melakukan semua itu?” tanya Vice President Policy & Strategy AIIB Joachim von Amsberg dengan raut wajah antusias. Lurah Suryatmajan dan Ketua LPM Kelurahan Suryatmajan Paryanto menjawab, memang tidak mudah. Butuh sekitar dua tahun hingga akhirnya warga dengan sukarela melakukan konsep tersebut, karena warga sadar hal tersebut adalah untuk kepentingan bersama.

Kemudian, Tim AIIB bertemu dengan Mbah Wartini Walijo, seorang warga lansia, yang mengungkapkan dirinya tinggal di Suryatmajan sejak kecil. Dulu, tutur Mbah Wartini, lingkungan Suryatmajan selalu banjir ketika hujan deras. Begitupun ketika Merapi erupsi, banjir melanda kampung. Namun sekarang, setelah adanya perubahan penataan kampung, banjir tidak pernah terjadi lagi. “Hujan deras pun sekarang saya tenang. Halaman rumah juga jadi luas dan bersih,” ujarnya, seraya berterima kasih kepada pemerintah atas bantuan penataan kampung di wilayahnya.

Kunjungan Tim AIIB dilanjutkan ke warung kacang bawang, kerajinan tangan, dan batik. Warga menjelaskan kepada Tim AIIB bahwa warga mulai berdagang setelah kampung mereka ditata ulang. Penjualan warga juga cukup baik, karena pelanggan yang datang tak hanya dari dalam lingkungan kelurahan, tapi juga dari luar Kelurahan Suryatmajan. Artinya, perubahan penataan kampung ini memang nyata menghidupkan perekonomian warganya.

Di akhir kunjungan, Tim AIIB mengekspresikan rasa puas dan dukungannya terhadap perubahan baik di Kelurahan Suryatmajan ini. Vice President Policy & Strategy AIIB Joachim von Amsberg berharap Gumreget Code ini tetap terjaga, agar pemerintah bisa terus mendukung. AIIB juga ingin terus memberi dukungan dan berpartisipasi dalam hal ini. Hal senada diungkapkan Director General Investment Operation Department III AIIB Dong Ik Lee, mewakili Director General Investment Operation Department I AIIB Supee Teravaninthorn. Menurut Dong Lee, capaian yang diraih oleh warga Suryatmajan sangat mengesankan. Ia juga tersentuh dengan perubahan yang terjadi di Suryatmajan. Dikatakannya, AIIB hanya memberi sedikit bantuan dan bentuknya lebih mirip stimulasi. Semua hanya bisa terwujud berkat kerja sama dan kerja keras semua, mulai dari masyarakat, sampai pemda. [Redaksi]

Dokumentasi lainnya:

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.