Beranda Warta Berita Kompetensi Seleksi Fasilitator Kotaku Dinilai Sesuai Kebutuhan

Kompetensi Seleksi Fasilitator Kotaku Dinilai Sesuai Kebutuhan

Berita Aceh Banda Aceh Asesmen Fasilitator Comments (0) View (980)

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Aceh M. Yoza Habibie menyatakan asesmen seleksi fasilitator National Slum Upgrading Program (NSUP) Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Provinsi Aceh dilakukan semata bukanlah pengurangan akibat kurangnya kapasitas yang dimiliki oleh pendamping di 12 kabupaten/kota Provinsi Aceh, melainkan lebih kepada penyesuaian kebutuhan yang ada. Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) merupakan transformasi dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan yang sudah memberikan banyak pelajaran kepada masyarakat, agar masyarakat nantinya bisa lebih mandiri dalam mengembangkan terutama dalam membangun gampong.

Demikian juga halnya dengan para pendamping, yang tentunya sudah lebih banyak menerima dan mendapatkan pemahaman terkait, semisal apa proses dan tahapan dalam membangun gampong. Besar harapan nantinya para fasilitator yang mungkin nantinya tidak terjaring dalam komposisi 2019 dapat secara mandiri membangun daerah tempat tinggalnya. Tentunya dengan bekal yang sudah diberikan oleh program. Dan, besar harapan lagi, bisa termotivasi agar terus memberikan yang terbaik kepada wilayah/lokasi tempat tinggal yang ada, walau dilakukan secara mandiri.

Pelaksanaan Tes Online Tim Fasilitator NSUP Program Kotaku Provinsi Aceh diawali dengan seleksi administrasi yang diikuti 325 orang, yang terdiri atas Senior Fasilitator, Fasilitator Sosial, Fasilitator Ekonomi dan Fasilitator Teknik. Jumlah peserta yang lolos dan mengikuti test online adalah sejumlah 184 orang, dan mereka merupakan pendamping yang telah ada, yang terkontrak Januari-Desember 2018 dan Januari-Februari 2019. Sebagian peserta ada yang mengikuti lebih dari satu pilihan posisi jabatan. Adapun untuk mengisi kekosongan personel Korkot dan Askot dilakukan promosi dari personel yang ada.

Kegiatan test online ini dilaksanakan di Grand Permata Hati Kota Banda Aceh, yang juga dihadiri oleh Tim Satker PKP Provinsi Aceh, Team Leader OC 1 Kotaku Provinsi Aceh, dan para Tenaga Ahli OC 1 Kotaku Provinsi Aceh, pada Sabtu (23/2). Seleksi ini diharapkan dapat menjaring pendamping dengan kualitas sesuai dengan kualifikasi yang ditentukan dan standar akuntabilitas fasilitator yang dipersyaratkan, sehingga nantinya termobilisasi pendamping dengan kompoisisi sesuai kuota yang telah ditetapkan. [Aceh]

Penulis: M. Yoza Habibie, ST, MT, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Aceh

Editor: Maya Keumala Dewi/Nina Razad

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.