Beranda Pustaka Dokumen & Surat Penting Dokumen Perencanaan Partisipatif Kelurahan/Desa (RPLP)

Dokumen Perencanaan Partisipatif Kelurahan/Desa (RPLP)

Dokumen RPLP RPLP RPLP Kelurahan Comments (0) View (5276)

Dokumen Rencana Penataan Lingkungan Permukiman (RPLP) adalah dokumen perencanaan partisipatif di tingkat komunitas. Dokumen berjangka waktu lima tahun ini disusun oleh warga kelurahan, disahkan oleh kepala desa dan/atau lurah dan diketahui BKM/LKM, kemudian disepakati oleh pemerintah kabupaten/kota.

Dokumen RPLP disusun melalui serangkaian rembuk dan FGD guna menemukenali persoalan dan potensi kawasan permukiman desa/kelurahan, serta merumuskan rencana penataan permukiman kumuh dan arah pengembangannya di masa mendatang. Untuk itulah dokumen RPLP di setiap kelurahan/desa disusun dengan pendekatan Sosial, Ekonomi dan Lingkungan, menggunakan basis data yang sama, yakni: Data Baseline. Data Baseline tersebut juga disusun secara partisipatif dan difasilitasi oleh tim pendamping Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku).

Dokumen RPLP ini menjadi aset masyarakat, pemerintah desa/kelurahan, pemerintah kabupaten/kota, bahkan lebih luas: menjadi aset negara. RPLP, beserta data baseline yang ada di dalamnya, dapat didayagunakan oleh pemerintah, dunia usaha, dan para pihak yang ingin berkontribusi, berkolaborasi guna merealisasikan perencanaan program dan kegiatan pembangunan tingkat komunitas desa/kelurahan yang lebih pasti, serta menuju tepat sasaran pembangunan di wilayah bersangkutan dan mewujudkan kota layak huni berkelanjutan.

Semoga bermanfaat.

Contoh dokumen RPLP bisa diakses dan diunduh di bawah ini.

Cara download:
1. Pilih provinsi yang diinginkan, klik pada menu pop up (contoh: #gid:1200011........ )
2. Setelah tampil kota/kabupaten - kecamatan - kelurahan - link dokumen, klik "download" di kolom yang diinginkan, pilih menu pop up (contoh: https://drive........)
3. Akan tampil folder - file format pdf yang bisa diunduh.
4. Jika ada tautan yang masih error, silakan beritahu kami melalui email: kotaku.nasional@gmail.com

0 Komentar

Yang terkait