Beranda Warta Cerita Pemkot Jayapura Replikasi Program Kotaku dan Kolaborasi dengan BKM

Pemkot Jayapura Replikasi Program Kotaku dan Kolaborasi dengan BKM

Cerita Papua Jayapura Kolaborasi Replikasi Comments (0) View (159)
Sebelum

Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kota Jayapura, Provinsi Papua sukses melaksanakan kolaborasi bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura melalui Program Percepatan Pembangunan Infrastruktur Perdesaan/Kelurahan (P3IPK).

Program P3IPK ini merupakan replikasi Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) yang terlahir melalui Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 35 tahun 2017 tanggal 10 Oktober 2017, tentang Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Program Percepatan Pembangunan Infrastruktur Perdesaan/Kelurahan.

Pelaksanaan P3IPK ini, antara lain, melibatkan Badan/Lembaga Keswadayaan Masyarakat (BKM/LKM) dan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) dampingan Program Kotaku Kota Jayapura. Salah satunya diwujudkan dalam kegiatan infrastruktur pembangunan jalan sepanjang 45,5 meter dan railing sepanjang 80 meter di RT 001/RW 011 Kelurahan Waena, Kecamatan/Distrik Heram, Kota Jayapura, yang dilaksanakan oleh KSM Dahlia, binaan BKM Welyo, Kelurahan Waena.

Setelah

P3IPK sendiri dilaksanakan dalam rangka pemerataan pembangunan, pertumbuhan perekonomian, dan menumbuhkembangkan partisipasi masyarakat. Kegiatannya dilakukan oleh pemda, kelompok peduli serta masyarakat untuk meningkatkan kualitas infrastruktur kawasan permukiman melalui pemberdayaan masyarakat.

Dana dari P3IPK diberikan kepada BKM/LKM yang memiliki dokumen Rencana Penataan Lingkungan Permukiman (RPLP) dan Rencana Tahunan (Renta) berdasarkan hasil musyawarah warga tahunan. Data yang digunakan berbasis pada Data Baseline survei Program Kotaku dan hasil pemetaan swadaya. Seperti halnya Program Kotaku, P3IPK juga dilaksanan dengan konsep 7 + 1 indikator permasalahan permukiman kumuh. [Papua]

Dokumentasi lainnya:

Sebelum Setelah

Narasumber: Elfrida Mokoginta, Team Leader OSP Kotaku Provinsi Papua

Editor: Nina Razad

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.