Beranda Warta Cerita Kolaborasi NSUP dan NUSP di Kuala Silo Bestari

Kolaborasi NSUP dan NUSP di Kuala Silo Bestari

Cerita Kolaborasi Sumatra Utara Tanjungbalai Comments (0) View (138)

Kelurahan Kuala Silo Bestari, Kecamatan Tanjungbalai Utara, Kota Tanjungbalai, Provinsi Sumatra Utara merupakan salah satu kelurahan yang termasuk dalam kategori “Pencegahan” sesuai SK kumuh wali kota (flag 2). Artinya, tidak mendapat Dana Bantuan Investasi (BDI) National Slum Upgrading Program (NSUP) Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Namun, kelurahan ini mendapatkan bantuan dari Program Neighborhood Upgrading Shelter Project Phase 2 (NUSP-2).

Pada 2018, Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Kelurahan Kuala Silo Bestari (KSB) kembali mengelola dana NUSP siklus ke-3 sebesar Rp 350 juta, yang direalisasikan menjadi kegiatan 2 unit Plat Duiker, ruang terbuka publik, 1 unit mandi cuci kakus (MCK), 1 unit motor sampah, 1 unit hidran, dan 10 unit tiang lampu. Semua kegiatan tersebut terpusat di Lingkungan V, yang masuk dalam kawasan deliniasi kumuh.

Sama halnya dengan NSUP Program Kotaku, ketika dana masuk ke rekening BKM, BKM KSB segera melakukan sosialisasi kepada masyarakat di lokasi usulan kegiatan infrastruktur. Ini bertujuan memberitahukan masyarakat bahwa akan ada pelaksanaan kegiatan di lingkungan mereka. BKM juga mengimbau masyarakat untuk melakukan pembersihan lokasi sebelum kegiatan dilaksanakan. Kelurahan KSB mendapat dua program: NSUP Kotaku dan NUSP, dengan pelaksana (BKM) yang sama, dan ini merupakan keuntungan tersendiri bagi masyarakat.

Kegiatan pertama yang dilaksanakan adalah pekerjaan pembangunan 1 unit MCK sebesar 4 x 6 meter persegi yang terletak di Gg. Putat, dengan besaran dana NUSP Rp 162.574.000 dan swadaya sebesar Rp 2,5 juta. MCK ini dilengkapi dengan penyediaan air bersih, pembuatan saluran pembuangan, septic tank dan peresapan.

Dalam merencanakan pengerjaan MCK, diperhatikan pula hal-hal berikut. Pertama, lokasi menuju MCK mudah bagi masyarakat dan tidak mengganggu lingkungan. Kedua, sistem penyediaan air bersih kontinyu dan tidak berhenti. Ketiga, sumber air berjarak minimal 11 meter dari peresapan. Keempat, sistem peresapan mampu menampung kapasitas jumlah warga dan direncanakan.

MCK ini dirasakan sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar, karena selama ini mereka hanya bisa mandi, cuci dan buang air di sungai. Dengan terbangunnya MCK ini, kebiasaan masyarakat berubah, yang tadinya melakukan aktivitas di sungai, kini berpindah ke MCK yang telah terbangun. Di lokasi pembangunan MCK juga dibuat ruang terbuka publik, sehingga suasana sekitar MCK terlihat asri. Di taman tersebut juga dibuat kursi-kursi untuk bersantai dan sebagai tempat menunggu antrean MCK.

Pelaksanaan kegiatan MCK dan ruang terbuka publik ini dimanfaatkan sebanyak 250 KK yang di dalamnya terdapat 25 KK miskin dengan 150 jiwa masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Kegiatan ini memberikan  kontribusi pengurangan kumuh sebesar 0,40 Ha terhadap Program Kotaku.

Ini artinya terjadi kolaborasi dua program: NUSP melaksanakan pembangunannya dan menyediakan anggaran yang dibutuhkan dan NSUP menyiapkan data perencanaan yang dibutuhkan. Kolaborasi seperti ini diseluruh kelurahan diharapkan dilaksanakan demi cita-cita bersama menangani kekumuhan di wilayah masing-masing. [Sumut]

 

Penulis: Listriana, Askot IC Koorkot Cluster Tanjung Balai, OC 2 Kotaku Provinsi Sumatera Utara

Editor: Nina Razad

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.