Beranda Warta Artikel Visi SIM Kotaku: Dukung Capai 0 Ha Kumuh

Visi SIM Kotaku: Dukung Capai 0 Ha Kumuh

Artikel SIM Kotaku Tentang Kotaku Comments (0) View (618)

Untuk materi hari ini kita akan membahas tentang Sistem Informasi Manajemen (SIM) Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). SIM Kotaku memiliki peran strategis dalam mendukung Program, khususnya sebagai alat pengendali tidak langsung dalam kegiatan Kotaku. Visi utama SIM Kotaku adalah mendukung tercapainya 0 Ha kumuh melalui penggunaan yang efektif dari data/informasi numerik maupun spasial yang mampu memfasilitasi kolaborasi dan pengambilan keputusan pelaku Kotaku.

Sedangkan misi dibangunnya SIM Kotaku adalah, pertama, memfasilitasi Kolaborasi antarpelaku Kotaku dan memudahkan pelaku Kotaku dalam mengambil keputusan berbasis fakta dan realitas. Kedua, menyediakan sistem informasi numerik maupun geospasial yang terintegrasi agar pelaku Kotaku dapat melihat data/informasi yang sama untuk memonitor kemajuan, capaian, maupun kualitas program. Ketiga, mempercepat dan memudahkan proses pengumpulan data dari pelaku Kotaku. Keempat, menyediakan informasi yang mudah diakses, cepat, tepat, murah (cost effective), dan mampu memantau kegiatan dan hasil Kotaku berbasis Geographic Information System (GIS) atau Sistem Informasi Geografis.

Tujuan utama SIM Kotaku adalah memfasilitasi pelayanan, perekaman data kegiatan dan mencetak laporan program--seperti: Key Performance Indicator (KPI) atau Indikator Capaian Kunci, profil, kemajuan penanganan dan pencegahan kumuh--secara online sebagai bahan untuk perencanaan, monitoring dan evaluasi, serta alat dialog kota dengan kota dalam penanganan dan pencegahan kumuh.

SIM Kotaku sudah menerapkan teknologi Single-sign-on (SSO) bagi user yang ingin mengkases aplikasi di dalamnya. SSO adalah teknologi yang mengizinkan pengguna jaringan agar dapat mengakses sumber daya (aplikasi) dalam jaringan hanya dengan menggunakan satu akun pengguna saja. [Redaksi]

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.