"> ">
Beranda Warta Cerita Ketika Pangkalpinang Menjawab Tantangan Menggerakkan Pokja PKP

Ketika Pangkalpinang Menjawab Tantangan Menggerakkan Pokja PKP

Cerita Sosok Pangkalpinang Bangka Belitung Comments (0) View (134)

Menggerakkan sebuah kelompok kerja (Pokja), seperti Pokja Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP), bukan perkara mudah. Namun, Kepala Bidang Permukiman Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung M. Belly Jawari, mampu melakukannya. Usai menyelesaikan tugasnya di Kabupaten Bangka Selatan, pada Maret 2015 ia mengemban amanah sebagai Kepala Bidang Fisik dan Prasarana Wilayah, Bappeda Kota Pangkalpinang. Saat itulah, Belly langsung mendapat tantangan untuk menggerakkan Kelompok Kerja (Pokja).

Keaktifannya terlihat pada tahapan kegiatan Skala Kawasan Kota Prioritas di Kota Pangkalpinang. Mulai dari rapat-rapat awal Pokja PKP pada Oktober 2016, ia mengawal review dokumen Rencana Kawasan Permukiman Kumuh Perkotaan (RKPKP) yang disusun pada 2015. Proses Review yang dilakukan oleh Pokja PKP dinilai perlu melibatkan seluruh pemangku kepentingan, terutama masyarakat di wilayah kumuh.

Sebagai Kepala Sekretariat Pokja PKP, Belly mendorong peran dari berbagai dinas untuk terlibat aktif dalam Pokja PKP. Ia memimpin langsung serangkaian kegiatan lokakarya, diskusi tematik, kunjungan monev ke lapangan, bahkan berdiskusi langsung bersama masyarakat di beberapa rumah warga di lokasi kumuh Kota Pangkalpinang.

Berkat upayanya, Dokumen Review RKPKP menjadi Rencana Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh Perkotaan (RP2KPKP) Kota Pangkal Pinang akhirnya tersusun melalui kolaborasi bersama baik pemerintah, masyarakat, tim pendamping Kotaku provinsi dan kota. Kemudian, kegiatan skala kawasan Kota Pangkal Pinang yang sudah lelang menjadi indikator keberhasilan pokja PKP yang dimotori oleh Belly ini.

Mulai 2017 hingga kini, Belly mengemban tugas sebagai Kepala Bidang Kawasan Permukiman Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Pangkalpinang. Selain menjadi bagian Pokja PKP, ia mendapatkan amanah sebagai Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Pengembangan Infrastruktur Permukiman (PIP) Kota Pangkalpinang dan tetap berperan aktif dalam serangkaian peningkatan kapasitas fasilitator Kotaku, membangun kolaborasi di Dinas PKP, PU, Dinas Kebersihan, Dinas Lingkungan Hidup. Ia juga berupaya mengoptimalkan pihak swasta dalam kegiatan Corporate Social Responsibility untuk kegiatan sarana dan prasarana permukiman.

"Persoalan kumuh di suatu tempat tidak bisa diselesaikan oleh satu pihak saja, tetapi harus melalui keterlibatan dan kolaborasi berbagai pihak," katanya.

Ikuti informasi lebih lanjut tentang lokasi dampingan dan profil tokoh Program Kotaku lainnya di website ini. [Redaksi]

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.