TPS3R Kelurahan Petoaha Dorong Hidup Bersih dan Sehat

Berita Sulawesi Tenggara Kota Kendari TPS3R Pengelolaan Sampah Comments (0) View (523)

Keberadaan Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (menggunakan kembali, mengurangi, dan daur ulang) atau TPS3R di Kelurahan Petoaha, Kecamatan Nambo, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara ternyata mampu mendorong masyarakat mengubah perilaku hidup, menjadi lebih bersih dan sehat. Tampaknya itu pula yang membuat Kepala Satuan Kerja (Satker) Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) Muhammad Reva Sastrodiningrat, yang baru bertugas menggantikan Kasatker PKPBM Mita Dwi Aprini awal April 2019, berkunjung ke lokasi guna meninjau dan mempelajari TPS3R yang diinisiasi oleh Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) itu, pada Selasa (9/4) kemarin.

Sebelumnya, masyarakat Kelurahan Petoaha merasa kesusahan dan resah dengan masalah sampah yang berserahkan di mana-mana akibat minimnya sarana dan prasarana sampah. Kesadaran masyarakat akan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pun masih rendah, sehingga kelurahan ini menjadi terkesan kumuh dan kotor.

Pada tahun 2018 Kelurahan Petoaha mendapat Bantuan Dana Investasi (BDI) Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) sebesar Rp 500 juta, dan seluruhnya dimanfaatkan untuk membangun sarana dan prasarana sampah, termasuk 4 buah mesin pengolah sampah. Pembangunan TPS3R dilaksanakan oleh BKM berdasarkan skala prioritas dari usulan masyarakat, didukung oleh pemerintah kelurahan dan Pemerintah Kota Kendari.

Pengelolaan sampah di TPS3R ini juga dimanfaatkan oleh dua kelurahan lain yang berdampingan dengan Kelurahan Petoaha, yakni Kelurahan Sambuli dan Kelurahan Nambo. Jumlah armada motor sampah untuk mengangkut sampah rumah tangga dan kelurahan tetangga berjumlah 4 unit yang merupakan bantuan (kolaborasi) dari pemerintah daerah (pemda) yang dikelola oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM). Begitu pula tanah tempat berdirinya TPS3R merupakan hibah dari pemda. [Sultra]

 

Penulis: Sismono, Tenaga Ahli FIC, OSP Kotaku Provinsi Sulawesi Tenggara

Editor: Nina Razad

0 Komentar