Beranda Warta Artikel Medsos Kotaku Nasional, Sudah Efektifkah?

Medsos Kotaku Nasional, Sudah Efektifkah?

Comments (0) View (44)

Hari ini kami sedikit melakukan review instagram @kotaku.nasional yang sudah mengudara di jagad internet selama 26 bulan dan 15 hari. Sejauh ini kami telah melakukan posting sebanyak 513 kali, dan baru memiliki 4.361 followers. Jika diintip ke dalam data statistik akun @kotaku.nasional, follower akun kami itu terdiri atas 63 persen follower laki-laki dan 37 persen perempuan.

Dari segi usia, follower @kotaku.nasional terbanyak ada di antara kisaran usia 25-34 tahun, yakni sebanyak 40 persen. Disusul dengan usia 35-44 tahun sebanyak 27 persen, usia 18-24 tahun sebanyak 19 persen, usia 45-54 tahun sebanyak 10 persen, usia 65 ke atas sebanyak 2 persen, usia 55-64 tahun sebanyak 1 persen, dan usia 13-17 tahun sebanyak 1 persen.

Dalam laporan statistik (insights) terdapat beberapa kategori laporan sebagai alat analisis terkait seberapa efektif akun ini sebagai media sosialisasi program. Salah satu kategori laporan adalah besaran "impressions". Impressions adalah jumlah akses (dilihat) oleh user terhadap suatu konten/postingan.

Berdasarkan data per 31 Maret 2019, kami menganalisis, jumlah impressions tertinggi (peringkat pertama) sebanyak 7.919 kali, adalah untuk postingan konten "Jadwal Test Online Fasilitator", yang diunggah pada 16 Februari 2019. Di peringkat kedua, dengan impressions sebanyak 5.462 kali untuk postingan "19 Indikator RPLP Berkualitas Baik" yang diunggah pada 19 Februari 2019. Di peringkat ketiga, dengan impressions sebanyak 4.158 kali adalah postingan "Target Kolaborasi 2019" yang diunggah pada 6 Februari 2019.

Bisa ditarik kesimpulan dari analisis di atas, tampaknya mayoritas follower akun ini adalah pelaku Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), atau masih lebih banyak digunakan sebagai media sosialisasi bagi internal. Karena kecenderungan akses dilakukan untuk materi-materi yang berkaitan langsung dengan program: jadwal tes, indikator RPLP, dan target kolaborasi.

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.